Dark/Light Mode

Suhu Politik Hangat Jelang Pilkada

Pilgub Sultra Diprediksi Cuma Tarung 3 Pasangan

Minggu, 13 Februari 2022 07:40 WIB
Ilustrasi Pilgub Sultra 2024. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Pilgub Sultra 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suhu politik jelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Pilgub Sultra) mulai menghangat. Paling tidak, sudah muncul puluhan kandidat calon Gubernur Sultra. Tapi pengamat memprediksi, cuma ada tiga pasangan calon (paslon) yang bakal bertarung.

Hal ini diungkap pengamat politik dari Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sultra, Najib Husain. “Tiga pasangan ini sudah maksimal untuk Pilgub Sultra,” katanya, kemarin.

Baca juga : Politisi Gerindra Dan Golkar Berebut Bupati Tana Toraja

Perlu diketahui, puluhan figur menyatakan kesiapannya maju di Pilgub Sultra 2024. Kandidat ini berasal dari petinggi partai, kepala daerah, mantan kepala daerah, tokoh, mantan petinggi TNI, anggota DPR pimpinan DPRD dan mantan pimpinan DPD.

Sebut saja Ketua DPD PDIP Sultra yang juga Wagub Sultra, Lukman Abunawas, Ketua DPW PPP Marsekal Muda TNI (Purn) La Ode Barhim, Ketua DPD Hanura Wa Ode Nurhayati, Ketua DPW PAN Sultra yang juga Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan Ketua DPW PBB Sultra, Ruksamin.

Baca juga : Pandemi Diprediksi Berakhir Tahun Ini, Mari Kita Aminkan

Lalu, anggota DPR Ridwan Bae, istri mantan Gubernur Sultra Tina Nur Alam, Bupati Muna Rusman Emba dan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Kemudian, mantan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun, eks Komisioner Ombudsman, eks Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Ode Ida dan Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangeruka.

Menanggapi hal ini, Najib menilai, semua kandidat ini pada dasarnya sudah harus memiliki tim, dukungan partai dan sudah memikirkan siapa yang akan jadi pendamping di Pilgub Sultra 2024.

Baca juga : Nelayan Jakarta Belum Sejahtera, Muhaimin Minta Anies Turun Tangan

Menurut dosen FISIP UHO ini, meski figur di atas telah mengklaim sudah mendapatkan dukungan, tapi ketika masuk tahapan penetapan calon, akan banyak figur atau bakal calon berguguran, karena persoalan dukungan politik.

Secara terpisah, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar sudah jauh-jauh hari memastikan bakal mengusung anggota DPR Ridwan Bae sebagai balon Gubernur Sultra 2024. “Sudah diumumkan, Ridwan Bae akan maju di Pilgub Sultra nanti,” papar Ketua Bappilu Golkar Zainuddin Amali, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.