Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dongkrak Kursi DPRD

Bupati Gorontalo Siap-siap Nyagub

Rabu, 14 September 2022 07:45 WIB
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto: Antara)
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menargetkan kenaikan kursi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Gorontalo ini juga terus memacu kinerjanya dalam menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang.

“Saya diminta maju sebagai calon Gubernur Gorontalo saat Musyawarah Wilayah (Muswil) PPP. Karenanya, langkah yang saya lakukan saat ini adalah bekerja secara baik, meningkatkan jumlah kursi di DPRD tingkat provinsi, termasuk melakukan komunikasi politik,” ujar Nelson kepada wartawan, kemarin.

Berita Terkait : Iwan Bule Siap Nyagub

Diketahui, Nelson telah menjadi Bupati Gorontalo selama dua periode. Karenanya, Muswil PPP Provinsi Gorotalo memberikan rekomendasi, agar dirinya sebagai Cagub Gorontalo pada Pilkada 2024 nanti.

Melanjutkan keteranganya, Nelson mengatakan, persiapan yang ia lakukan juga termasuk menyelesaikan kepemimpinan sebagai Bupati Gorontalo.

“Jangan bercita-cita menjadi gubernur, kalau di sana (Kabupaten Gorontalo) tidak bagus. Itu akan jadi modal elektoral nanti atau kepercayaan rakyat jika dicalonkan,” tegas mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo ini.

Berita Terkait : Rakyat Diminta Siap-siap Kalau Harga BBM Naik

Sekadar informasi, mengacuh hasil Pileg 2019, peta politik di Provinsi Gorontalo saat ini dikuasai Partai Golkar, PDIP, Partai Nasdem dan PPP. Selain menguasai legislatif di provinsi, Partai Golkar juga berkuasa di eksekutif, menempatkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Gorontalo, Rusli Habibie sebagai Gubernur Gorontalo.

Di tingkat Kabupaten dan Kota, Partai Golkar juga menguasai Kota Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato. Selain legislatif, Golkar juga kuasai eksekutif di dua daerah tersebut.

Sementara PDIP yang berada di urutan kedua, sukses memenangkan Pileg di Kabupaten Boalemo dan Gorontalo Utara. Partai NasDem unggul di Kabupaten Boalemo, bahkan menguasai eksekutif dengan mendudukan Ketua NasDem Provinsi Gorontalo, Hamim Pou.

Berita Terkait : Dongkrak Produksi, Pandawa Agri Indonesia Bangun Ekosistem Pertanian

Ada pun perolehan kursi DPRD Provinsi Gorontalo Periode 2019-2024 saat ini, Partai Golkar 10 kursi, PDIP 7 kursi, Partai NasDem 6 kursi, PPP 5 kursi, PKS 4 kursi, Partai Gerinda 4 kursi, PAN3 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, Partai Hanura 2 kursi, dan PKB 1 kursi. ■