Dark/Light Mode

Bentuk Tim Pengawas

Bawaslu Mau Pelototi Pendaftaran Bacaleg

Rabu, 3 Mei 2023 07:10 WIB
Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat Rapat Pengawasan Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota secara virtual, Senin (1/5/2023). (Foto: Dok. Bawaslu).
Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat Rapat Pengawasan Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota secara virtual, Senin (1/5/2023). (Foto: Dok. Bawaslu).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan tahapan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 bakal dipelototi Bawaslu secara maksimal. Bawaslu memastikan tahapan ini berjalan sesuai aturan.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Totok Hariyono mengatakan, pengawas pemilu harus mengawasi tahapan pencalegan dengan baik. Yaitu, terkait pelaksanaan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), Undang-undang (UU) dan aturannya.

“Maka pengawasan di tahapan ini harus maksimal,” kata Totok.

Dia menjelaskan, filosofi pengawasan Bawaslu adalah pengawasan gotong royong. Artinya, semua elemen di Bawaslu bersama-sama melakukan pengawasan dan pencegahan. Jadi, tahapan ini berjalan dengan ketentuan perundang-undangan dengan segala atributasi kelemahannya.

Baca juga : KPU Kota Semarang Kudu Validasi Pemilih Manula...

“Saya ingat kata-kata ketua Mahkamah Konstitusi (MK), di dunia ini tidak ada undang-undang sempurna, di dunia ini tidak ada aturan yang sempurna. Yang menyempurnakan itu itikad baik kita untuk menjadikan pemilu ini menjadi lebih baik,” ujar Totok.

Dia juga meminta pengawas pemilu bekerja sepenuh waktu, karena tahapan Pemilu 2024 tidak mengenal hari kerja.

“Kita (pengawas pemilu) harus bekerja bersama-sama dalam konsep gotong royong untuk memberi pelayanan ter­baik untuk semua peserta pemilu,” kata Totok.

Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady menambahkan, tim pengawasan tahapan pencalonan telah dibentuk dengan dikoordinasikan oleh Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu La Bayoni. Dia berharap semuanya terkondisikan dengan baik.

Baca juga : Momentum Pencapresan Ganjar Oleh PPP Diiringi Pasar Rakyat

“Saya harap komunikasi antarpengawas pemilu dilakukan secara aktif, sehingga pengawasan tahapan pencalonan ini bisa berjalan baik,” harap Ichsan.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Muhammad Amin mengatakan, pihaknya akan proaktif melakukan pen­gawasan tahapan pendaftaran bacaleg. Dia berjanji akan melakukan pengawasan ketat karena tahapan ini sangat krusial.

“Pengawasan untuk memastikan KPU Jateng melaksanakan tahapan pendaf­taran bakal calon sesuai dengan keten­tuan,” ujarnya.

Menurut Amin, rujukan aturan dalam pengawasan yang dilakukan Bawaslu tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu. Serta, ketentuan-ketentuan lainnya.

Baca juga : Kunjungi Pengrajin Logam Bali, Bamsoet Dorong UMKM Perkuat Pasar Internasional

“Jajaran KPU Jateng agar profesional dan bersikap adil dalam menerima pendaftaran bakal calon DPRD dan DPD RI dengan menyiapkan berbagai perang­kat. Supaya, tidak ada gangguan atau hambatan,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.