Dark/Light Mode

Masa Jabatan Selesai, Hadapi Pilkada

Kang Emil Ngaku Belum Pasang Kuda-Kuda Nih

Rabu, 6 September 2023 07:40 WIB
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin (kiri) didampingi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil (kanan) melambaikan tangan seusai penandatanganan serah terima jabatan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/9/2023). Bey Machmudin resmi memimpin pemerintahan Jawa Barat hingga pelaksanan pilkada serentak di tahun 2024. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Spt)
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin (kiri) didampingi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil (kanan) melambaikan tangan seusai penandatanganan serah terima jabatan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/9/2023). Bey Machmudin resmi memimpin pemerintahan Jawa Barat hingga pelaksanan pilkada serentak di tahun 2024. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Spt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, kemarin, mengakhiri masa jabatannya. Namun, politisi Partai Golkar itu mengaku belum pasang kuda-kuda, menghadapi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 nanti.

Ridwan mengatakan, dirinya akan memokuskan diri untuk memenangkan Partai Golkar di Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, hari pencoblosan kedua gelaran tersebut akan dilakukan pada 14 Februari 2024, se­mentara Pilkada akan dilakukan pada bulan November.

“Pilkada masih jauh, masih satu tahun lagi, dan formasi politiknya masih ditentukan bulan Februari. Kalau tanya tentang Pilkada, menurut saya kurang relevan,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini di Kantor Kemendagri, Jakarta, kemarin.

Baca juga : OSO Tegaskan Pentingnya Sinergi Pusat Dan Daerah

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya tengah disibukan dengan pemetaan dan pemantauan perkembangan politik 2024 belakangan ini. Menurutnya, haltersebut sangat penting bagi dirinya dan Partai Golkar, karena berkaitan dengan penerapan strategi yang tepat dan efisien, dalam mencapai semua target di Pemilu mendatang.

Disinggung soal namanya yang kerap masuk radar survei Pilpres 2024, Kang Emil tidak membantahnya. Namun, katadia, sebagai kader Partai Golkar, dirinya menyerahkan masa depan politiknya kepada meka­nisme partai.

“Nama saya memang ada di survei. Tapi, saya harus ikut arahan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, bagaimana dan sebagainya kita tunggu saja takdir yang terbaik buat saya, buat Indonesia, kalau pun ada takdirnya saya bismillah. Nggak ada pun, nggak ada masalah,” tegas dia.

Baca juga : Kata Kang Emil, Kualitas Demokrasi Menurun Nih

Kang Emil pun lebih tertarik menyinggung hasil survei elek­tabilitasnya di Pilkada Provinsi Jabar. Dia menyebut, sejumlah lembaga survei kerap menempatkan namanya di posisi puncak, mengalahkan sejumlah nama besar.

“Tapi, apakah saya akan kem­bali diterjunkan Partai Golkar di Pilkada Jabar, keputusannya akan ditentukan setelah gelaran Pileg dan Pilpres mendatang,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, dirinyaakan memastikan gelaran Pileg, Pilpres, hingga Pilkada di Jabar berjalan lancar dan aman. Selain itu, dia juga akan berkoordinasidan menggelar rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jabar, untuk membahas program prioritas yang harus dikerjakan.

Baca juga : Galaxy Z Flip5 Hadirkan Ponsel Lipat Yang Unik dan Beda Dari Yang Lain

“(Prioritas) yang pertama, kami jajaran pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan sejumlah instrumen lain, harus menjamin pelaksanaan Pileg, Pilpres, hingga Pilkada, berjalan aman dan lancar. Selain itu, kami harus menjamin, ASN, TNI, Polri, bersikap netral di Pemilu mendatang,” ujar Bey.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 6/9/2023 dengan judul Masa Jabatan Selesai, Hadapi Pilkada, Kang Emil Ngaku Belum Pasang Kuda-Kuda Nih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.