Dark/Light Mode

Bima Untuk Jabar, Emil Ke Jakarta

Minggu, 5 Mei 2024 08:40 WIB
Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan deklarasi untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2024). Restu dari PAN, sudah menjadi modal untuk Bima Arya menyatakan kesiapannya maju di perebutan kursi Jabar 1. (Foto: Istimewa)
Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan deklarasi untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2024). Restu dari PAN, sudah menjadi modal untuk Bima Arya menyatakan kesiapannya maju di perebutan kursi Jabar 1. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Kalau sekarang itu masih menghitung survei, masih membahas dengan partai-partai, masih terlalu awal,” imbuh Emil, dalam keterangannya, Kamis (2/5/2024).

Di satu sisi, Emil merasa peluang dirinya maju di Jabar sangat bagus. Karena dirinya merupakan petahana. Akan tetapi, hasil survei Cagub di Jakarta juga menempatkan mantan Wali Kota Bandung itu di posisi teratas.

“Sehingga saya harus konsultasi dulu ke semua pihak. Khususnya kepada para pimpinan partai,” tandas Wakil Ketua Umum Golkar itu.

Baca juga : PKS Kebelet Pindah Haluan, Tapi Gayung Belum Bersambut

Apa tanggapan Golkar? Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia memastikan bahwa Emil menjadi prioritas utama untuk diusung di Jabar. Sementara untuk Jakarta, Golkar masih menjagokan 3 kader internalnya.

“Dengan segala perhitungan kami secara politik dan juga untuk kepentingan pembangunan, mungkin Pak Ridwan Kamil lebih relevan, lebih bermanfaat, lebih berguna untuk masyarakat Jabar,” sebut dalam keterangannya, Sabtu (27/4/2024) lalu.

Doli mengatakan, jika nantinya Emil benar-benar diputuskan untuk maju ke Pilgub Jabar, maka Golkar akan fokus pada pencalonan Ahmed Zaki Iskandar dan Erwin Aksa untuk Pilgub DKI Jakarta. “Atau mungkin nanti bisa jadi ada nama baru yang muncul,” jelas Ketua Komisi II DPR ini.

Baca juga : Zul Kenang 2019 Dibilang Murtad

Sementara itu, pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consultinh (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, Emil paling populer dan mendapatkan penerimaan terbesar dari warga Jabar. Peluangnya untuk kembali menjadi gubernur Jawa Barat sangat besar jika dia maju di Pilkada Jabar 2024.

“Namun, jika Emil tidak maju di Jabar, maka peluang tokoh-tokoh potensial di Jabar relatif terbuka. Termasuk Bima Arya atau mantan-mantan bupati atau walikota lain,” kata Saidiman saat dihubungi semalam.

Dibanding di Jakarta, kata dia, Emil memang lebih berpeluang untuk Jabar 1. Namun di politik, kata dia, semua kemungkinan bisa saja berbeda. Termasuk, keputusan politik dari para elite parpol dalam berkompromi untuk mengusung jagoannya di dua provinsi yang dianggap cukup bergengsi itu.

Baca juga : Ghufron KPK Merasa Tidak Bersalah

“Penentuan pasangan Cagub nanti saya duga akan mempertimbangkan teritori. Ini menjadi peluang bagi tokoh seperti Bima Arya untuk muncul,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 5 Mei 2024 dengan judul Bima Untuk Jabar, Emil Ke Jakarta

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.