Dark/Light Mode

Pilbup Bogor

Beringin Bogor Ngarep Koalisi Dengan Gerindra

Minggu, 5 Mei 2024 07:30 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi (tengah)
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi (tengah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar Kabupaten Bogor terus bergerilya mengenalkan bakal calon bupati (bacabup) Bogor yang juga Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Ade Ruhandi atau Jaro Ade, ke partai politik (parpol) lain

SETELAH menyambangi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem), kini bersilaturahmi dengan Partai Gerindra Kabupaten Bogor pada Jumat (3/5/2024).

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Wawan Hikal Kurdi alias Wanhai mengatakan, saat ini jajaran pengurus beringin sedang masif berkomunikasi dengan sejumlah parpol menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor 2024. Partainya membuka ruang selebar-lebarnya dan melakukan komunikasi dengan parpol lain yang ada di Kabupaten Bogor.

Wanhai mengatakan, sebelum mengunjungi Sekretariat DPC Partai Gerindra, pihaknya juga telah berkunjung ke Sekretariat DPC PKB, DPC Partai Demokrat, DPD PKS, dan DPD Partai NasDem Kabupaten Bogor.

“Kedatangan ke sejumlah par­pol untuk mensosialisasikan dan mendaftarkan Jaro Ade sebagai Cabup Bogor,” kata Wanhai dalam keterangannya, Sabtu (4/5/2024).

Baca juga : Pemerintah Ogah Barang Impor Jastip Asal Masuk

Dia mengatakan, kedatangannyake DPC Gerindra Bogor sesuai dengan perintah DPP Golkar untuk bersilaturahmi ke setiap parpol yang ada di Kabupaten Bogor, yaitu membangun koalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terlebih dulu agar ada kesamaan.

“Kami di Parlemen juga akan jadi satu bagian,” katanya.

Selain itu, Wanhai sesumbar jika terjadi koalisi antara Partai Golkar dan Gerinda di Kabupaten Bogor dan mengusung pasangan calon (Paslon) Jaro Ade dan Iwan Setiawan, maka selesai sudah Pilbup Bogor 2024.

Sementara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan mengatakan, saat ini masih menunggu keputusan terjadinya koalisi secara resmi di Pilbup Bogor. Sebagai langkah awal, partainya melakukan pen­jajakan dengan parpol yang ter­gabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) seperti di Pilpres 2024. “Kita ingin sesuai arahan dari pusat, KIM dibangun sam­pai bawah linear,” ujar Iwan.

Kendati bisa mengusung paslon sendiri dengan modal 12 kursi di DPRD Kabupaten Bogor, kata Iwan, Gerindra tetap akan melibatkan parpol lain dan tidak bisa berjalan sendiri. Hal ini sesuai dengan prinsip Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga : Internal PKB Adem Ayem

“Bukan tidak percaya diri, tapi berbagi dan kita di perintahkan membangun komunikasi,” tegas Iwan.

Terkait rekomendasi paslon di Pilbup Bogor, Iwan menegaskan, tidak bisa keluar hanya dari salah satu pihak atau partai tertentu saja. Dia menegaskan rekomendasi itu sahnya adalah pasangan atau paket.

“Jadi kalau bicara rekomen­dasi harus dibangun seperti sekarang,” ujarnya.

Dia mengatakan, jika dirasa pasangan Cabup-cawabup sudah cocok, maka keputusan itu tidak bisa diganggu gugat karena ber­potensi menang. Apalagi, Partai Golkar dan Gerinda sama-sama mempunyai jaringan dan akan dikolaborasikan menjadi satu.

Sedangkan, Ketua DPD NasDem Kabupaten Bogor, Friedrich M Rumintjap mengatakan, sesuai arahan DPP NasDem, partainya berkewajiban mendorong kader terbaik internal untuk maju di Pilbup Bogor. Dia mengatakan, jika dalam perjalanan kader inter­nal tersebut tidak ada yang lolos, maka figur eksternal menjadi pilihan yang harus diusung.

Baca juga : Netizen: Gerah Banget, Badan Jadi Tak Nyaman

“Kader internal itu harus siap, apakah maju untuk bakal calon bupati atau wakil bupati,” ujar ujar Frits, sapaan akrabnya.

“Tentu kami realistis sebagai partai yang memiliki empat kursi, harus koalisi, dan komunikasi politik dengan parpol terus kami upayakan,” sambung Frits.

Partai NasDem, kata Frits, telah menerima silaturahmi dari DPD Golkar Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Dia berharap, silaturahmi tersebut men­jadi bermanfaat karena tujuan sama, yaitu ingin mendapatkan pemimpin Kabupaten Bogor yang terbaik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.