Dark/Light Mode

Sembilan Hari Buka Pendaftaran

Pendaftaran Cakada Banteng Sepi Peminat

Senin, 3 Juni 2024 07:20 WIB
Anggota tim Panitia Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (bacakada) DPD PDIP Jateng, Joko Purnomo. (Foto: Antara)
Anggota tim Panitia Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (bacakada) DPD PDIP Jateng, Joko Purnomo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP resmi menutup pendaftaran bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah. Salam sembilan hari membuka pendaftaran, hanya lima tokoh yang mendaftar.

Pendaftaran penjaringan bakal Calon Gubernur-Wakil Gubernur (cagub-cawagub), Jawa Tengah (Jateng) di Dewan Pimpinan Daerah Partai Demok rasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Jateng sepi peminat. Hingga ditu­tup pada Kamis, (30/5/24) atau selama sembilan hari, hanya 5 orang yang mendaftar.

Rinciannya, dua orang mendaftar sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. Yaitu, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang juga mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan mantan Ketua DPRD Provinsi Jateng Rukma Setyabudi.

Sisanya, tiga orang mendaftar sebagai calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jateng. Mereka adalah mantan Wakil Gubernur (wagub) Jateng Heru Sudjatmoko, anggota DPR Riyanta, dan Bupati Klaten dua periode, Sri Mulyani. Heru merupakan eks Wagub dari Ganjar Pranowo periode pertama.

“Dari lima pendaftar, (ber­kas persyaratan) yang lengkap baru Hendrar Prihadi dan Sri Mulyani, lainnya masih kurang. Kekurangan bisa disusulkan secepatnya,” kata anggota tim Panitia Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (bacakada) DPD PDIP Jateng, Joko Purnomo dalam keterangannya, Minggu (2/6/2024).

Baca juga : DPR Usul Adanya Peraturan Omnibuslaw Transportasi

Joko menjelaskan, setelah per­syaratan dipenuhi, para kandidat bacagub dan bacawagub nantin­ya akan dilakukan fit and proper test dan selanjutnya dilaporkan ke DPP PDIP. Laporan panitia, kata dia, menjadi bahan pertim­bangan DPP dalam membuat rekomendasi.

Meskipun penjaringan bakal cagub-cawagub di tingkat DPD PDIP Jateng sudah ditutup, kata Joko, peluang pendaftaran masih bisa dilakukan di DPP PDIP. Dia mengatakan, biasanya DPP membuka pendaftaran setelah pendaftaran di daerah ditutup.

“Yang tidak mendaftarkan diri lewat DPD bisa daftar lewat DPP,” katanya.

Bagaimana tanggapan Hendrar Prihadi? Dia berharap rekomen­dasi segera terbit setelah dirinya mengembalikan formulir pendaftaran bacagub di Kantor DPD PDI Jateng pada Kamis (30/5/2024).

Hendrar mengaku belum memiliki nama figur yang akan berpasangan dengannya jika mem­peroleh restu dari PDIP. “Saya tidak tahu. Nanti pimpinan partai saja yang menentukan,” kata man­tan Wali Kota Semarang ini.

Baca juga : Pungutan Tapera Baiknya Optional, Jangan Dipaksa

Sementara, Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti ingin partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam Pilpres 2024, tetap menjalin kesinambungan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng.

“Ya, agar ada kesinambungan untuk Pilgub Jateng,” ujar Rinto dalam keterangannya, Minggu (2/6/2024).

Menurut Rinto, ada beberapa figur dari internal KIM, maupun eksternal yang layak untuk didu­kung dan diusung dalam Pilgub Jateng 2024. Kata dia, dari ka­langan eksternal, ada Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

“Pak Ahmad Luthfi merupakan figur yang pas untuk memimpin Jateng. Sudah terbukti, mampu menjaga stabilitas keamanan di Jateng, selama menjadi Kapolda Jateng,” ujarnya.

Untuk dari kalangan internal Partai KIM, sebut Rinto, ada Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono. Bahkan, menurut dia, perpaduan Ahmad Luthfi-Sudaryono merupakan pasangan yang pas untuk maju dalam Pilgub Jateng

Baca juga : Bapanas Pelototin Harga Pangan

“Di internal Demokrat, kata Rinto, ada saya dan Bambang Eko Purnomo (anggota DPRD Jateng),” ujarnya.

Rinto mengatakan, penjaringan Cakada Partai Demokrat akan dibuka akhir Juni 2024. Dia ber­harap, pasangan calon (paslon) yang akan diusung KIM nanti be­nar-benar sosok yang kuat dan bisa memenangkan Pilgub Jateng.

“Kami sedang merumuskan, siapa kira-kira pasangan yang akan diusung dan didukung,” ucap Rinto.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 2 Juni 2024 dengan judul Sembilan Hari Buka Pendaftaran, Pendaftaran Cakada Banteng Sepi Peminat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.