Dark/Light Mode

Emil Dardak Di Ngegas Rakyat Merdeka

Saya Sangat Nyaman Dampingi Bu Khofifah

Selasa, 4 Juni 2024 08:00 WIB
Emil Elestianto Dardak. (Foto: Feri/RM)
Emil Elestianto Dardak. (Foto: Feri/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan terhadap duet Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak maju di Pilkada Jatim untuk kedua kalinya, terus bertambah. Partai-partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) satu-persatu telah memberikan surat dukungan buat Khofifah-Emil. Teranyar, datang dari PAN.

Senin (3/6/2024), saat menjadi bintang tamu di Podcast Ngegas Rakyat Merdeka, Emil mengaku bersyukur atas dukungan tersebut. Menurutnya, hal itu sesuai dengan kesepakatan di internal KIM.

“Di beberapa wilayah, termasuk Jatim, memang ada kesepakatan di internal KIM untuk mengusung paslon yang sama. Saya dan Bu Khofifah mendapat tugas untuk di Jatim,” ungkap Emil, dalam podcast yang dipandu wartawan Rakyat Merdeka, Siswanto.

Ketua DPD Demokrat Jawa Timur ini mengaku terharu, Khofifah masih bersedia meminta dirinya maju sebagai wakilnya di Pilgub Jatim. Emil mengaku, selama memimpin Jatim 5 tahun kemarin, banyak belajar dari Khofifah sebagai sosok yang memiliki banyak jam terbang di pemerintahan maupun legislatif.

Emil juga tidak kaget dengan keputusan Khofifah untuk tetap bertahan di Jatim, meskipun ada peluang jadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran. Kata dia, keputusan Khofifah bertahan di Jatim tak lepas dari permintaan dari tokoh dan elemen masyarakat.

Baca juga : Arini Soemardi: Parpol Mau Dukung Yang Berpeluang Besar Menang

“Mereka memang menyampaikan: ibu pimpin Jatim lagi untuk lima tahun ke depan. Jadi ada arus dukungan yang masif. Beliau kan workaholic ya, bagi beliau pekerjaan itu nggak ada habisnya,” tutur Emil.

Eks Bupati Trenggalek ini juga tak perlu berpikir lama untuk kembali menerima tawaran Khofifah untuk maju di Pilgub Jatim. Menurutnya, pengabdian terhadap Indonesia bisa dilakukan melalui jalur apapun. Termasuk menjadi Cawagub Jatim mendampingi Khofifah.

Emil menyebut Jatim merupakan provinsi terbesar kedua penyumbang perekonomian Indonesia. Jika dikerucutkan, seperlima perdagangan di Indonesia berada di Jatim. Begitu juga dari sisi manufaktur, seperempat industri berada di Jatim.

“Jadi, kontribusi terhadap bangsa juga cukup signifikan manakala kita membangun Jatim,” ujar politisi kelahiran Jakarta, 40 tahun silam ini.

Lagipula ia mengaku telah memiliki ikatan batin dengan warga Jatim. Khususnya setelah menjadi bupati Trenggalek, dan wakil gubernur Jatim.

Baca juga : Muhammad Ramli Rahim: Anies Sebaiknya Tetap Di Level Nasional Saja

“Kalau ada ruang untuk mengabdi lagi, tentu rasa keterpanggilan itu ada. Yang paling penting juga saya merasa sangat nyaman dan produktif jadi wakil yang mendampingi pemimpin seperti Bu Khofifah,” ungkapnya.

Bukanya Mas Emil juga digadang-gadang menjadi menteri? Kata Emil, pertanyaan itu lebih tepat diberikan kepada presiden dan wapres terpilih. Sekali lagi, dia tegaskan, sudah ada pembicaraan para ketua umum KIM mengenai politik di level provinsi.

“Kita lihat perkembangannya. Mudah-mudahan, tadi Pak Zul menyampaikan, Gerindra pencalonan kepada Khofifah-Emil insya Allah menunggu waktu yang pas untuk bertemu Ketum Gerindra,” tuturnya.

Terkait siapa lawan tandingnya di Pilgub Jatim, Emil mengaku tak mempermasalahkannya. Termasuk wacana akan majunya eks Ketua DPW PBNU Jatim Kiai Marzuki Mustamar lewat PKB.

Suami dari artis Arumi Bachsin ini menegaskan, bukan kapasitasnya untuk menentukan siapa yang akan jadi lawannya di Pilgub Jatim. Menurutnya, itu kewenangan dari partai-partai untuk mengusung tokoh-tokoh yang dianggap layak maju di Pilgub Jatim.

Baca juga : Prabowo Banjir Pujian

Bagaimana kalau lawan kotak kosong?Merespons isu ini, Emil tidak besar kepala, apalagi terlena. Ia terus merasa terpacu, dan tidak menurunkan semangatnya jika nantinya terpilih kembali memimpin Jatim.

“Kami tidak berspekulasi atau bersimulasi kotak kosong atau tidak. Pokoknya sekarang apapun itu, formulanya sama, kami sudah pernah mendapat amanat selama 5 tahun. Tentu kita melakukan kombinasi, komitmen ke depan dan reflektif ke belakang tentang apa yang sudah dilakukan,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 4 Juni 2024 dengan judul Emil Dardak Di Ngegas Rakyat Merdeka, Saya Sangat Nyaman Dampingi Bu Khofifah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.