Dark/Light Mode

Potensial Bertarung Di Pilkada Jakarta Dan Jabar

Ridwan Kamil Bakal Patuh Arahan Golkar

Rabu, 19 Juni 2024 07:30 WIB
Ketua Umun Partai Golkar Airlangga Hartarto menyaksikan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengenakan jaket Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, (18/1/2023). (Foto: Ng Putu Wahyu/Rakyat Merdeka)
Ketua Umun Partai Golkar Airlangga Hartarto menyaksikan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengenakan jaket Partai Golkar kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, (18/1/2023). (Foto: Ng Putu Wahyu/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ridwan Kamil memang berpeluang besar maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta dan Pilgub Jawa Barat 2024. Kendati begitu, Partai Golkar yakin Kang Emil-sapaan Ridwan Kamil, patuh pada arahan beringin.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, Kang Emil tak kebingungan. Eks Gubernur Jawa Barat itu akan lebih mendengarkan beringin untuk urusan Pilkada 2024.

“Pak Ridwan Kamil adalah Waketum Partai Golkar. Tentu akan mendengar pertimbangan partai. Selain itu juga dukung­an dari parpol lain, tapi tentu atas kesepakatan antara ketua umum,” ujar Airlangga di Ja­karta Barat, Selasa (18/6/2024).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, belum ada kesepakatan pasti dari ketua umum Koalisi Indonesia Maju (KIM) bahwa Kang Emil akan maju di Pilgub Jakarta. Sampai saat ini, kesepakatannya baru sebatas mengusungnya di Pilkada 2024.

Menurut Airlangga, baik Gol­kar atau partai lain di KIM, ma­sih mencermati figur yang akan diusung. Beringin juga masih menunggu hasil survei terkait elek­tabilitas figur di setiap provinsi.

Baca juga : Nahdliyin Jangan Terpancing

“Kesepakatannya, kita akan terus evaluasi sampai dengan Juli. Jadi siapa yang maju dan sebagain­ya, kita tunggu survei,” katanya.

Sebagai informasi, Partai Gerindra dan PAN memberi sinyal akan mengusung Kang Emil maju di Pilgub Jakarta. Sementara Golkar, cenderung mendorong Kang Emil maju di Pilgub Jawa Barat.

“Kita memang lebih cenderung mendorong Ridwan Kamil di Jawa Barat,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia saat menghadiri kegiatan Optimalisasi Peran Anggota Fraksi Golkar dalam Pemenangan Pilkada 2024 di Jabar, Bandung, pekan lalu.

Pengamat politik dari Univer­sitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin juga sependapat, Golkar sebaiknya mengusung Kang Emil di Pilgub Jawa Barat.

“Partai Golkar harus ikuti data elektabilitas berbasis pada rasionalitas dari survei yang objektif,” kata Ujang dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Banteng Banten Masih Nunggu Restu Megawati

Menurut Ujang, majunya Kang Emil di Jawa Barat dapat menjaga kestabilan suara Golkar di provinsi ini hingga Pemilu 2029. Bahkan meningkatkan perolehan suara beringin.

“Apalagi kemungkinan Rid­wan Kamil menang di Jawa Barat lebih besar secara data survei. Kalau menang lagi di Jawa Barat, suara Golkar bisa terjaga,” tuturnya.

Senada, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah meng­ingatkan Golkar bisa kalah dari Partai Gerindra jika merestui Kang Emil maju di Jakarta.

Alasannya, pertama, Golkar saat ini tidak dominan di Jakarta. Ber­beda posisi Golkar di Jawa Barat.

“Nanti klaim paling berjasa atas pengusungan Ridwan Ka­mil justru didapat Gerindra,” nilai Dedi.

Baca juga : Senayan Minta Revisi Aturan Impor Barang

Artinya, Golkar belum tentu dapat berkah elektoral kredit atas pengusungan Ridwan Kamil di Jakarta ketimbang di Jawa Barat.

Selanjutnya, Golkar bakal mengalami kekalahan selanjut­nya di Jawa Barat, jika tidak mengusung Ridwan Kamil. Se­bab, Partai Gerindra berpotensi menang karena kemungkinan mengusung Dedi Mulyadi.

“Saya kira Golkar ragu mencalonkan Ridwan Kamil di Jakarta. Apalagi jika benar Anies Baswedan maju di Jakarta, Golkar akan sangat berhitung,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 19 Juni 2024 dengan judul Potensial Bertarung Di Pilkada Jakarta Dan Jabar, Ridwan Kamil Bakal Patuh Arahan Golkar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.