Dark/Light Mode

Maju Pilgub Sumbar

Tawarkan Koalisi Jalan Pikirin, Faldo Berusaha Dapat Dukungan

Jumat, 26 Juni 2020 09:08 WIB
Faldo Maldini (Foto: Twitter @FaldoMaldini)
Faldo Maldini (Foto: Twitter @FaldoMaldini)

RM.id  Rakyat Merdeka - Faldo Maldini siap mengikuti Pemilihan Gubernur Sumatera Barat (Pilgub Sumbar). Dalam kontestasi ini, dia akan berpasangan dengan Febby Datuak Bangso. “Pilgub Sumbar, Insya Allah saya kembali,” tulis Faldo, dalam akun Instagramnya, kemarin. 

Faldo menyebut pasangan Faldo-Febby dengan Koalisi Jalan Pikiran. Artinya, ada kesamaan visi (jalan pikiran) membangun Sumbar yang menyatukan mereka. Dalam kontestasi ini, FaldoFebby sudah mengantongi dukungan dari PKB. Hanya saja, di DPRD Sumbar, partai besutan Muhaimin Iskandar ini hanya memiliki 3 kursi. Sementara, untuk maju pasangan calon harus didukung sekurangnya 13 kursi.

Baca juga : Desa Adat Jimbaran Terapkan Sanksi Bagi Pelanggar Aturan Terkait Corona

Karena itu, Faldo mengatakan, setelah deklarasi akan menawarkan Koalisi Jalan Pikiran kepada partai-partai lain. “Sekarang kami berikhtiar dan berusaha agar mendapatkan dukungan,” ujarnya. 

Ketua Desk Pilkada PKB Sumbar, Iswandi Muhtar mengatakan, pasangan Faldo-Febby pasti mampu berbuat optimal untuk memenangkan pilkada. Apalagi keduanya cukup mewakili generasinya masing-masing. “Faldo anak muda, punya pengalaman luar biasa. Ketua kami, Febby Datuak Bangso, niniak mamak yang punya perjalanan panjang dalam pemberdayaan nagari,” ujarnya. 

Baca juga : Kadis LHK Harus Aktif Analisis Terhadap Kerusakan Lingkungan

Terpisah, Bupati dua periode Kabupaten Padang Pariaman, Ali Mukhni mengklaim bahwa PAN sudah memberikan kode akan mengusulkan dirinya untuk merebut kursi nomor satu di Sumbar. Namun, hingga sekarang rekomendasi itu belum turun. 

Dia mengatakan, hingga saat ini satu-satunya partai yang telah menetapkan paslon cagub dan cawagub adalah Partai Gerindra dengan mengusung Wagub petahana Nasrul Abit sebagai calon Gubernur dan Bupati Agam Indra Catri sebagai wakilnya. Dia pun berharap rekomendasi segera turun untuk dirinya. “Sampai saat ini baru Gerindra yang menetapkan paslon tanpa jalur koalisi. Semoga kita bisa juga secepatnya,” tutupnya. 

Baca juga : Perbaikan Jalan Rusak DKI Jangan Cuma Tambal Sulam

Sekretaris DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo menyatakan, DPW PAN Sumbar memang positif mengusung Ali Mukhni dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat pada 9 Desember 2020. Saat ini, mereka tinggal menunggu rekomendasi DPP. “Itu sudah bulat dan tinggal menunggu surat dari DPP saja,” ujarnya. 

Menurutnya, Ali Mukhni yang merupakan Ketua DPW PAN Sumbar merupakan kader terbaik partai yang akan diusung dalam pilgub setempat. Awalnya, ada dua kader yang akan direkomendasikan untuk maju dalam Pilgub Sumbar, yakni Ali Mukhni dan Epyardi Asda. Namun, setelah melihat dinamika di lapangan, Epyardi Asda memilih maju di Pilkada Solok. Hal tersebut membuat hanya ada satu nama kuat yang akan diusung partai berlambang matahari tersebut dalam pilgub setempat. “DPW PAN Sumbar saat ini tengah berupaya menjalin komunikasi politik dengan berbagai partai,” jelasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.