Dark/Light Mode

Pilkada Kalimantan Utara

Hasil Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Irianto-Irwan Masing Unggul

Senin, 28 September 2020 18:58 WIB
Hasil survei terkini LSI Denny JA bertajuk `Isu Ekonomi dan Pilihan Terhadap Calon Gubernur Kaltara 2020`, yang dilansir di Tarakan, Kaltara, Senin (28/9), Irianto Lambrie-Irwan Sabri menempati peringkat satu klasemen elektabilitas dengan keterpilihan sebesar 34,6.
Hasil survei terkini LSI Denny JA bertajuk `Isu Ekonomi dan Pilihan Terhadap Calon Gubernur Kaltara 2020`, yang dilansir di Tarakan, Kaltara, Senin (28/9), Irianto Lambrie-Irwan Sabri menempati peringkat satu klasemen elektabilitas dengan keterpilihan sebesar 34,6.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur petahana Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie-Irwan Sabri masih memuncaki klasemen elektabilitas.

Hasil survei terkini LSI Denny JA bertajuk 'Isu Ekonomi dan Pilihan Terhadap Calon Gubernur Kaltara 2020', yang dilansir di Tarakan, Kaltara, Senin (28/9), Irianto Lambrie-Irwan Sabri menempati peringkat satu klasemen elektabilitas dengan keterpilihan sebesar 34,6.

"Irianto-Irwan unggul jauh dari kompetitor terdekatnya Udin Hianggio-Undunsyah dengan keterpilihan sebesar 18,3 persen, dan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan (11,8 persen)," kata peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman.

Baca juga : Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Olly Dondokambey Paling Tinggi

Ikrama melanjutkan, survei dilakukan pada bulan September 2020, dengan menggunakan 800 responden dan sample di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Utara, menggunakan metode multistage random sampling.

Wawancara juga dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini 3,5 persen.

Dia menjelaskan, isu ekonomi selalu menjadi isu utama dalam dinamika politik elektoral, dimana ekonomi menjadi magnet kuat dalam membentuk tingkat keterpilihan para kandidat kepala daerah.

Baca juga : Kementan Upayakan Langkah Stabilisasi Perunggasan Nasional

"Pentingnya isu ekonomi, maka para kandidat cenderung membangun image positifnya sebagai pribadi yang memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan ekonomi," kata Ikrama.

Menurut publik Kaltara, masalah umum paling penting, yaitu mayoritas menyebut masalah ekonomi 51,5 persen, masalah infrastruktur 16,7 persen, masalah kesehatan 11,2 persen, dan masalah lainnya di bawah 5 persen.

"LSI melihat isu ekonomi dinilai penting di semua Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Utara. Isu Ekonomi yang menyatakan paling penting, terbesar di Kota Tarakan 59 persen, Malinau (51,4 persen), Bulungan (48.5 persen), dan Nunukan (48,3 persen)," lanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.