Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PDIP Solo Haramkan Konvoi Di Hari Pencoblosan

Selasa, 8 Desember 2020 17:12 WIB
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Foto: Instagram)
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo melarang seluruh kader partai berlambang banteng dan kader partai pendukung, untuk tidak konvoi pada hari pencoblosan. Keputusan ini diambil, mengingat Pilkada 2020 berlangsung di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Seluruh kader PDIP dan kader partai pendukung, diminta tidak melakukan konvoi. Kalau nekat, pasti akan terjaring aparat keamanan," ujar Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, seperti dikutip Antara, Selasa (8/12).

Baca juga : Polisi Harapkan Rizieq Shihab Penuhi Panggilan Penyidik

Kader yang tetap nekat, kata Rudy, akan langsung dimasukkan ke Benteng Vastenburg, yang merupakan lokasi karantina sehari. Para pelanggar diwajibkan untuk menginap di bangunan cagar budaya tersebut. "Selain itu mereka juga harus membersihkan paritnya Benteng Vastenburg. Ini tidak hanya berlaku bagi kader, tetapi siapa pun yang nekat konvoi," paparnnya.

Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo menegaskan, imbauan tersebut sudah disampaikan kepada seluruh kader PDIP maupun partai pendukung pada saat apel satgas. "Kalau sampai konvoi, kendaraan sudah pasti dijaring oleh aparat keamanan Polri, TNI. Sanksinya ya itu tadi. Satgas kami juga pasti memantau," tuturnya.

Baca juga : Pemkot Jakpus Siap Terapkan Prokes Di Lokasi Pengungsian Banjir

"Jadi, selain kena tilang oleh anggota kepolisian, para pelanggar ini juga pasti tidak akan nyaman berada di Benteng Vastenburg, karena lokasi karantina hanya menggunakan tenda," imbuh Rudy.

Pilkada Kota Surakarta 2020 diikuti oleh dua pasang calon, yaitu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo). Gibran yang merupakan anak sulung Presiden Joko Widodo dan pasangannya, diusung oleh PDIP dan delapan parpol lain - baik yang ada di parlemen maupun nonparlemen -. Sedangkan pasangan Bajo, diusung oleh Organisasi Kemasyarakatan Tikus Pithi melalui jalur perseorangan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.