Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Padahal Penting Untuk Hindari Kerumunan

Jadi Catatan KPU, Masih Ada Pemilih Yang Datang Tak Sesuai Waktu

Rabu, 9 Desember 2020 09:44 WIB
Komisioner KPU Viryan Aziz saat memantau TPS 05 Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu (9/12). (Foto: YouTube)
Komisioner KPU Viryan Aziz saat memantau TPS 05 Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Rabu (9/12). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menyebut, pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 secara umum telah berjalan dengan baik.

Meski ada catatan kecil yang akan jadi bahan evaluasi bagi penyelenggara. Masih ada pemilih yang datang ke TPS, tidak sesuai dengan waktu gilirannya. Ada yang datang terlalu cepat. Ada yang terlambat. Padahal, pengaturan kedatangan di TPS adalah salah satu upaya KPU untuk meminimalisir kerumunan selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Juliari Batubara Resmi Ditahan Di Rutan Pomdam Jaya Guntur

“Ada yang mendapat jadwal mencoblos pukul 7-8, tapi datangnya pukul 9. Alasannya, karena sedang ada pekerjaan. Intinya, masih ada pemilih yang.tidak mengetahui perihal pengaturan kedatangan di TPS. Ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami, supaya tidak terulang,” ujar Viryan dalam tayangan live KPU melalui kanal YouTube, Rabu (9/12).

Selama pemantauannya di TPS 05 Kelurahan Pakulonan, Kecamata Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel), gelaran pemungutan suara secara umum sudah berjalan dengan khidmat dan mengedepankan protokol kesehatan.

Baca juga : Fokus Peningkatan Kapasitas, Pendamping Desa Tak Akan Ditambah

Di TPS 05, ada sekitar 497 pemilih. Artinya punya karakter pemilih padat. “Meski padat, pemilih sudah berusaha untuk tertib dan menjaga jarak. Teman-teman (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara /KPPS) juga punya pemahaman yang baik tentang penerapan protokol kesehatan,” tandas Viryan.

Terpisah, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, dari pemantauannya di TPS 26 Kelurahan Jelupang, Tangsel, pemahaman petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tentang tata cara dan protokol kesehatan terbilang sudah sangat baik. Mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar TPS.

Baca juga : Masih Banyak Yang Tak Percaya Corona

“Penerapan protokol kesehatannya ketat. Karena itu, masyarakat tidak perlu takut untuk datang ke TPS. Kedisiplinan semua pihak dalam menjalankan protokol kesehatan adalah salah satu parameter kesuksesan Pilkada di tengah situasi pandemi Covid-19," tutur Pramono. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.