Dark/Light Mode

Jadi Kapolri, Bupati Terpilih GK Nanta Ucapkan Selamat Ke Komjen Listyo

Jumat, 22 Januari 2021 08:50 WIB
Bupati terpilih Gunungkidul, Mayor Sunaryanta (kiri) siap mengawal kinerja Polri di bawah kepemimpinan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.
Bupati terpilih Gunungkidul, Mayor Sunaryanta (kiri) siap mengawal kinerja Polri di bawah kepemimpinan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati terpilih Gunungkidul (GK), Mayor Sunaryanta mengucapkan selamat kepada Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang lolos dalam uji kelayakan dan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR sebagai Kapolri baru. 

“Kebetulan, kami berdua sama sama bertugas sebagai ajudan. Kala itu, saya mengawal eks Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu. Sedangkan Listyo sebagai ajudan Presiden Jokowi. Kami sering bertemu saat rapat di Istana,” kenang Sunaryanta yang akrab sapa Nanta kepada Rakyat Merdeka, Jumat (22/1).

Berita Terkait : Maklumat Kapolri: Jangan Sebarkan Konten FPI di Media Sosial

Secara pribadi, Nanta tidak meragukan kinerja Listyo. Eks prajurit Raider TNI Angkatan Darat ini menilai, sosok Listyo itu mudah diajak komunikasi dan beliau adalah salah satu putra terbaik di Korps Bhayangkara.

“Karirnya di Polisi sangat baik. Beliau pernah bertugas di wilayah Polda Jawa Tengah, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Banten dan menjadi Kabareskrim. Komjen Listyo juga berhasil membongkar kasus kasus besar yang ditunggu masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga : Kejagung Periksa Deputi Direktur Penyertaan BPJS Ketenagakerjaan

Karena itu, Ia menilai, pilihan Presiden Jokowi mencalonkan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri sudah tepat. Nanta yakin, Listyo mampu membawa perubahan di tubuh Korps Bhayangkara yang lebih baik.

“Apa yang dipaparkan Listyo dalam uji kelayakan di DPR merupakan bukti keseriusannya untuk berbenah dan menata kembali peran Polri dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Saya siap bersinergi dengan Polri dalam menjaga keamanan, khusus di wilayah Kabupaten Gunungkidul,” tandasnya.

Baca Juga : Mantan Dirut Asabri Diperiksa Kejagung

Sebelumnya, Komisi III DPR telah menyetujui pengangkatan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Semua fraksi sepakat Listyo adalah sosok yang tepat sebagai pengganti Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Listyo  adalah calon tunggal yang diajukan oleh Presiden Jokowi ke DPR. Dia akan menggantikan posisi Jenderal Pol Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun pada Februari mendatang. Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu telah melewati banyak penugasan di tubuh Polri. [FIK]