Dark/Light Mode

Bursa Calon Gubernur Sulsel 2024

2 Bupati Jadi Primadona

Sabtu, 20 Maret 2021 06:00 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto: Istimewa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa kandidat calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah muncul, meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) baru digelar pada 2024. Dua kandidat masuk radar parpol dan jadi primadona. Yaitu Bupati Gowa dua periode, Adnan Purichta Ichsan dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Prianto menilai, kedua kepala daerah milenial ini bakal menjadi rebutan partai untuk memenangkan Pilgub Sulsel 2024.

Adnan Purichta Ichsan merupakan keponakan Menteri Pertanian dan mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo ini, disebut-sebut paling diunggulkan. Karena memiliki variabel keunggulan kompleks. Adnan meraih rekor kemenangan tertinggi Pilkada sepanjang sejarah.

Baca juga : KPK Usut Harta Kekayaan Gubernur Sulsel Nonaktif Nurdin Abdullah

Andi memaparkan, kedua kepala daerah itu telah berpengalaman memimpin dengan rekam jejak kepemimpinan terukur. Wajar saja kalau mereka menyimpan asa untuk level kepemimpinan lebih tinggi.

“Saya yakin keduanya punya peluang untuk Pilgub Sulsel,” katanya, kemarin.

Dijelaskan, kedua pemimpin muda ini punya perbedaan geopolitik. Mereka representasi kalangan milenial, yang punya posisi strategis di setiap momentum politik.

Baca juga : DKI-1, Jalan Pintas Meraih Kursi RI-1

Hanya, keduanya belum memimpin partai politik. Dengan memimpin parpol di daerah, mereka lebih mudah diusung di kontestasi Pilgub 2024.

“Kalau situasi kandidasi berjalan secara normal, peluang mereka dipinang partai cukup terbuka. Meskipun sejauh ini, determinasi oligarki dan bandar politik belum bisa dieliminasi dalam proses kandidasi di partai,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Direktur Eksekutif Paramater Publik Indonesia (PPI), Ras MD. Kedua figur ini juga akan menjadi rebutan jika keduanya maju di Pilgub 2024.

Baca juga : Ketua KPK: Itu Seharusnya Dijadikan Amanah...

Menurut Ras, variabel dua figur ini cukup ideal untuk konteks Pilgub Sulsel. Sebut saja Adnan. Ia Bupati Gowa dua periode. Merepresentasi kelompok milenial di Gowa. Kabupaten itu punya basis terbesar ketiga setelah Makassar dan Bone, dan teritori Adnan punya nilai histori di Pilgub Sulsel.

Indah Putri Indriani pun demikian. Bupati Luwu Utara dua periode ini adalah figur perempuan yang patut diperhitungkan. Daya pikatnya di pemilih perempuan jadi jualan tersendiri. Ditambah lagi teritorinya yang merepresentasi Luwu Raya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.