Dark/Light Mode

Warning Jelang PSU Pilkada Labuhanbatu

Langgar Netralitas, PNS Terancam Sanksi Pidana

Kamis, 15 April 2021 06:20 WIB
Penjabat (Pj) Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang. (Foto: Istimewa)
Penjabat (Pj) Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pembentukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 29 Maret hingga 13 April, serta pengadaan dan pendistribusian perlengkapan PSU sejak 24 Maret hingga 23 April 2021. Selanjutnya, pendistribusian berbagai jenis formulir C hingga pemberitahuan kepada pemilih terdaftar dalam DPT, DPPh, dan DPTb sejak 18 hingga 23 April.

Sedangkan waktu pelaksanaan PSU, baik mulai pemungutan hingga perhitungan suara, ditetapkan pada 24 April.

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU Labuhanbatu, menggelar PSU di 9 dari 35 TPS. Di gelaran PSU ini, lima paslon akan berebut suara. Yakni Pasangan Calon (Paslon) Tigor Panusunan Siregar-Idlinsyah Harahap, Erik Adtrada Ritonga-Hj Ellya Rosa Siregar, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faisal Amri Siregar, Abdul Roni Harahap-Ahmad Jais Rambe dan Suhardi Pane-Irwan Indra.

Baca juga : Waspada, Politik Uang Berkedok Zakat Dan THR

Ketua KPU Sumatera Utara (Sumut) Herdensi Adnin mengungkapkan, ada tiga kabupaten akan menggelar PSU Pilkada. Yakni Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Mandailing Natal. Kata Herdensi, PSU di tiga kabupaten itu akan digelar 24 April 2021.

Sedangkan anggaran untuk PSU di tiga kabupaten itu adalah Rp 3 miliar. Rinciannya, kebutuhan PSU Pilkada Labuhanbatu Selatan sekitar Rp 1,9 miliar, Labuhanbatu Rp 1,2 miliar hinggaRp 1,3 miliar, dan Mandailing Natal sekitar Rp 600 juta.

“Itu kebutuhannya. Kami juga mempersiapkan logistik, juga sengketa hukum karena itu harus persiapkan,” tuturnya.

Baca juga : Jika Langgar Prokes, Polri Segera Hentikan Piala Menpora

Herdensi mengaku, belum ada kendala jelang PSU di tiga kabupaten itu. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengenai persiapan PSU.

“Hampir tidak ada kendala, baik keuangan, logistik, sumber daya manusia hampir enggak ada masalah. Kami sudah sampaikan kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

KPU Sumut bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga akan menggelar rapat dengan Forkopimda terkait PSU di tiga kabupaten itu. “Ini baik sekali supaya ada dukungan untuk PSU itu,” jelasnya. [SSL/EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.