Dark/Light Mode

Survei Centre for Indonesia Strategic Actions

5 Legislator Dijagokan Nyalon Pilkada Bekasi

Rabu, 5 Mei 2021 06:25 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah. (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Secara terpisah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bekasi memprediksi tahapan awal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di daerahnya akan dimulai 2022. Sehingga, hari pencoblosan bisa dilakukan dua tahun setelahnya.

Ketua KPU Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan, pada November 2022, tahapan Pilkada Bekasi kemungkinan akan masuk pada tahap perencanaan serta pemutakhiran data pemilih. Tujuannya, agar waktu proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak tergesa-gesa.

Baca juga : Survey New Indonesia: Publik Simpati Kerja Keras Jokowi Atasi Covid-19 Dan Ekonomi

Saat ini, pihaknya juga sudah menyusun perencanaan kerja, untuk menyambut 2022. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi. “Tapi (tahapan Pilkada Bekasi dimulai 2022) ini baru estimasi, belum bisa dipastikan. Yang jelas kami sudah mulai menyusun perencanaan pekerjaan kami di KPU,” jelasnya, kemarin.

Pada 2022, lanjut Jajang, Pilkada Bekasi kemungkinan akan masuk pada tahap pemutakhiran data pemilih disusul perencanaan percepatan. Sedangkan tahapan lainnya yang lebih padat dan banyak dimulai 2023.

Baca juga : Surveyor Indonesia Pamerkan Layanan Berbasis Drone Pada Hannover Messe 2021

Tahapan 2023 di antaranya, sebut Jajang, simulasi perencanaan program dan anggaran, penyusunan peraturan KPU, sosialisasi, pendaftaran, hingga verifikasi partai politik peserta pemilu.

“Tahun 2022 hanya itu saja (pemutakhiran data pemilih), disusul perencanaan percepatan. Barulah mulai persiapan-persiapan. Nanti tahapan lainnya lebih banyak di 2023,” jelasnya.

Baca juga : Anak Muda Setuju PMP Diajarkan Sejak PAUD

Diakui Jajang, pada 2024, ada banyak agenda kepemiluan selain Pilkada. Salah satunya, Pemilihan Presiden (Pilpres). Tapi, dia menegaskan, hari pencoblosannya akan berbeda dengan Pilkada.

“Pilkada tidak dibarengkan dengan Pilpres, hanya pelaksanaannya di tahun yang sama. Pilpres Maret-April 2024 sedangkan Pilkada November 2024,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.