Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diduga Palsukan Dokumen Sengketa Pilgub Kalsel

Kubu Denny Diusut Polda

Rabu, 23 Juni 2021 06:50 WIB
Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa’i. (Foto: ANTARA)
Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa’i. (Foto: ANTARA)

 Sebelumnya 
Rapat pleno terbuka hasil PSU Pilgub Kalsel di Hotel Gsign Banjarmasin itu mendapat pengawalan ketat dari Kepolsian dan TNI.

Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto menegaskan, situasi di Kalsel terpantau aman dan tidak ada gejolak setelah rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil PSU Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021.

“Alhamdulillah, situasi kamtibmas dari siang hingga malam hari terpantau kondusif. Tak ada gejolak ataupun adanya gangguan keamanan,” kata Rikwanto.

Baca juga : Prof Denny Dikalahkan Petahana

Meski situasi aman, Rikwanto menyatakan, anggotanya terus bersiaga memantau perkembangan di lapangan. Dia pun mengingatkan kepada peserta Pilkada untuk tetap menahan diri dan mengedepankan nilai-nilai demokrasi serta semangat persatuan di atas segalanya.

“Jika pun ada pihak keberatan atas hasil KPU, maka ada jalur hukum bisa ditempuh. Sedangkan, bagi kubu yang menang, jangan euforia,” ujarnya.

Sebelumnya, Cagub Kalsel Denny Indrayana memastikan akan menggugat hasil PSU Pilgub Kalsel ke MK.

Baca juga : Cegah Lonjakan Covid-19, Pemerintah Kaji Libur Panjang Ditiadakan

Denny mengibaratkan, gelaran coblosan ulang Pilgub Kalsel seperti pertandingan sepak bola. Penuh kecurangan.

Denny mengatakan, rencananya menggugat hasil PSU Pilkada Halsel ke MK memang bisa lebih mudah dimengerti dengan bahasa sepak bola. Apalagi saat ini tengah berlangsung Euro 2021.

Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM ini mengatakan, seperti halnya PSU Pilkada 2020, apabila sebuah pertandingan sepak bola dimenangkan tim terbaik secara sportif dan fair, maka kemenangan tim itu tidak layak dipersoalkan.

Baca juga : PSU Pilgub Kalsel Ibarat Pertandingan Sepak Bola

Sebaliknya, jika pertandingan penuh kecurangan, maka ada ruang menggugatnya ke komisi disiplin atau mahkamah olahraga.

“Nah dalam sistem Pemilu, pengadilan itu dinamakan MK. Kalau wasitnya tidak netral, tidak profesional, tidak memberi hukuman terhadap pelanggaran maka lewatnya MK. Kalau pemain disuap, skor diatur, adalah sangat layak hasil pertandingan itu digugat,” jelasnya.

Di PSU Pilkada Kalsel, Denny menuding pelaksanaannya penuh dengan praktik money politics atau politik uang. Dirinya dan tim kuasa hukumnya siap untuk membuktikannya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.