Dark/Light Mode

Hasil Survei DEEP Dan Yayasan Vinus

Incumbent Dan Jaro Ade Calon Kuat Bupati Bogor

Jumat, 24 September 2021 07:05 WIB
Petahana Bupati Bogor Ade Yasin dan Ketua DPD Golkar Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade jadi kandidat terkuat yang akan bersaing. (Foto: Istimewa)
Petahana Bupati Bogor Ade Yasin dan Ketua DPD Golkar Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade jadi kandidat terkuat yang akan bersaing. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dia menerangkan, pada tingkat popularitas calon, setiap responden memiliki hak memilih sebanyak jumlah daftar calon, yaitu 37 tokoh. Dari tokoh itu, lanjut Yus, jika dikerucutkan lagi menjadi 20 besar yang terpopuler, yang didominasi tokoh partai politik yang pernah mengikuti kontestasi Pilkada dan Pileg pada Pemilu lalu. Sementara 17 tokoh lainnya terdiri dari tiga cluster. Cluster pertama adalah anggota legislatif yang menjabat pada tingkat kabu­paten, provinsi dan pusat. Cluster kedua adalah tokoh sentral partai politik di tingkat kabupaten dan provinsi. Cluster ketiga, eks calon bupati dan wakil bupati yang ga­gal terpilih di Pilkada 2018.

Dana Rp 250 Miliar

Baca juga : Publikasi Kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor mengungkapkan, kebutuhan anggaran untuk Pilbup Bogor 2024 mencapai Rp 250 miliar. Anggaran itu terbilang besar, sehingga harus dianggarkan sejak jauh-jauh hari dan memakan waktu dua tahun anggaran.

Ketua DPRD Bogor, Rudy Susmanto mengakui, saat beraudiensi dengan KPU Bogor pada 25 Agustus 2021 lalu, rencananya dana cadangan Pilkada 2024 dianggarkan Rp100 miliar pada APBD 2022 dan Rp 150 miliar pada APBD 2023.

Baca juga : Jangan Ragu Ke Isoter, Tempat Paling Baik Buat Pasien Corona

“Kami harapkan KPU sudah matang dalam membuat perencanaan anggaran. Jadi anggaran Rp 250 miliar itu sudah mencukupi untuk pelaksanaan Pilkada Bogor 2024,” katanya.

Sementara Ketua KPU Bogor, Ummi Wahyuni menjelaskan, besarnya anggaran itu mengacu pada banyaknya jumlah pemilih dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bogor. Menurut dia, mengacu pada Pemilu 2019 jumlah pemilih di Kabupaten Bogor mencapai 3.467.603 pemilih. Jumlah itu menjadi yang terbesar di Indonesia.

Baca juga : Hasil Liga Inggris : MU Dan Villa Tumbang, Chelsea Main Kaca Mata

Bahkan pada 2024, jumlah pemilih diprediksi membengkak hingga di atas 4 juta jiwa. “Pada Pilkada 2024, kami membutuhkan dana cadangan sekitar Rp 250 miliar. Maka perlu dukunganDPRD dan Pemkab Bogor,” katanya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.