Dark/Light Mode

Berharap Jadi Pertanda Baik Hubungan Indonesia-Jepang

Matahari Bersinar Cerah Saat Serahkan Surat Kepercayaan

Kamis, 25 Februari 2021 05:23 WIB
Wawancara Eksklusif Rakyat Merdeka Dan RM.id Dengan Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi secara virtual, Selasa (23/2). (Foto : Rakyat Merdeka Dan RM.id).
Wawancara Eksklusif Rakyat Merdeka Dan RM.id Dengan Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi secara virtual, Selasa (23/2). (Foto : Rakyat Merdeka Dan RM.id).

 Sebelumnya 
Di antara sekian banyak bidang kerja sama Indonesia-Jepang, apa prioritas anda?

Tentunya, hubungan perda­gangan dan investasi antara kedua negara, sangat penting. Tahun depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah G20. In­donesia adalah anggota yang sangat penting. Pada 2023, Indonesia akan menjadi Ketua Negara ASEAN.

Tahun itu juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan Jepang-ASEAN.

Jadi, dua tahun berturut-turut, Indonesia akan menjadi tuan rumah acara diplomatik penting. Tentunya para pemimpin dunia, termasuk Perdana Menteri Jepang, datang ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan ini, sekali­gus menghadiri konsultasi bilateral dengan Presiden Jokowi.

Baca juga : Indonesia Bebas Corona Saat Hari Kemerdekaan

Jadi tidak hanya bidang per­dagangan dan investasi, kita bisa memperdalam kerja sama di bidang kebijakan. Seperti Myanmar misalnya, kami sangat mengandalkan upaya Indonesia dalam menyelesaikan masalah Myanmar. Kami ingin mem­bantu upaya Indonesia.

Antara Jepang dan China sering dibanding-bandingkan dalam hal investasinya di Indo­nesia. Komentar anda?

Perusahaan Jepang cenderung memiliki perspektif yang pan­jang dalam membuat keputusan investasi. Keputusan tersebut mungkin membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan investor lain.

Tapi ketika perusahaan Jepang membuat keputusan, mereka tetap tinggal di negara itu, bah­kan melalui masa-masa sulit dan berusaha memenuhi komitmen mereka. Begitulah cara kami berbisnis di Jepang, juga di Indonesia.

Baca juga : Perhatikan Penanganan Cedera Saat Berolahraga

Postingan anda di Instagram menarik perhatian netizen Indonesia. Apalagi soal tren terbaru, seperti ikan Cupang...

Pendahulu saya, Duta Besar (Masafumi) Ishii yang memulai aktif di Instagram. Saya hanya mewarisi akunnya. Salah satu manfaat media sosial adalah untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia.

Biasanya, saya hanya ber­temu dengan menteri, pejabat tinggi pemerintah Indonesia dan orang-orang yang bekerja di bidang ekonomi. Tapi saya juga ingin menjangkau populasi yang lebih muda di Indonesia. Mereka penting untuk hubungan masa depan kita.

Saya punya dua anak perem­puan. Yang bungsu pernah men­jalani kegiatan sukarela menjadi guru di Banjarnegara, Jawa Tengah, lima atau enam tahun yang lalu. Dia sangat menikmatinya.

Baca juga : Menteri Teten : Genjot Produk UMKM Unggulan Ke Jepang

Di Banjarnegara, mungkin dia satu-satunya orang Jepang yang tinggal di sana. Jadi ketika dia mengajar di sekolah, tidak hanya siswa, warga desa juga datang untuk melihat dia mengajar.

Ini pengalaman yang luar biasa baginya. Dia banyak cerita soal pengalamannya ini. Dia sangat suka Indonesia. Ternyata kebetulan, saya kemudian ditugaskan ke Indonesia. Gara-gara kisah putri saya, saya jadi ingin ber­temu banyak warga Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.