Dark/Light Mode

Lonjakan Kematian Harus Distop, Testing Tracing Jangan Ditawar

Minggu, 1 Agustus 2021 07:33 WIB
Guru Besar FKUI yang juga Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, Prof.Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)
Guru Besar FKUI yang juga Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, Prof.Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Bagaimana dengan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit? Apa yang harus lebih kita perhatikan, agar angka kematian bisa diturunkan? 

Dalam menangani pasien gawat dan kritis di rumah sakit, pemerintah perlu memastikan ketersediaan ruang isolasi, ICU dengan peralatannya, serta obat-obatan seperti Tocilizumab, immunoglobulin intravena, atau antibodi monoklonal dan sebagainya. 

Baca juga : 31 Persen Remaja Jakarta Kecanduan Internet, Tertinggi Di Dunia

Tapi yang paling utama, tenaga kesehatan yang berperan sentral, harus mendapat perlindungan dalam melaksanakan tugasnya. Mereka harus punya jam kerja yang wajar, keamanan kerja dengan alat pelindung diri (APD) yang memberi proteksi maksimal, serta terpenuhinya hak dalam menjalankan tugas.

Jadi, semua hal yang terkait penanganan Covid-19, harus mendapat prioritas penting ya Prof, supaya kita bisa menekan dan menurunkan angka kematian?

Baca juga : Terdampak Pandemi, KPK Pastikan Pemberantasan Korupsi Tetap Jalan

Betul. Kematian akibat Covid-19 harus kita tekan dan kendalikan. Cara penanggulangannya harus berdasarkan analisis situasi yang ada. Harus dilakukan dari hulu sampai hilir, secara menyeluruh. Semua perlu mendapat prioritas penting, we have to do it all. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.