Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setjen DPD Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Selasa, 19 Oktober 2021 00:00 WIB
Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, di Gedung DPD, Senin (18/10). (Foto: Humas DPD)
Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, di Gedung DPD, Senin (18/10). (Foto: Humas DPD)

 Sebelumnya 
Kepala ANRI Imam Gunardi mengungkapkan rasa bangga terhadap Setjen DPD yang mendapatkan nilai yang memuaskan. Nilai itu, sejajar dengan lembaga lain yang sudah lama berdiri.

Diingatkannya, meskipun di tengah pandemi, kearsipan tidak boleh berhenti. Apalagi menurutnya, tugas DPD sangat penting dan strategis.

Baca juga : Ketua DPD Dukung Langkah Presiden Kawal Stabilitas Politik Afghanistan

"Karena itu penciptaan arsip terus terjadi, belum fungsi-fungsi persidangan dan layanan publik. Kerja-kerja Anggota DPD harus didokumentasikan dan menjadi pembelajaran bagi generasi muda nanti,” jelas Kepala ANRI itu.

Ditambahkannya, selain sarana dan prasarana, pengarsipan juga membutuhkan peralatan yang memadai juga pendanaan. Diharapkan, DPD mempu menyediakan anggaran yang layak untuk melaksanakan komitmennya.

Baca juga : Kemenag Dan Kemenkes Matangkan Persiapan Ibadah Umroh

“Kami menawarkan kerja sama agar kinerja para anggota DPD yang menguasai aspek hal-hal bersifat kerakyatan, politik hingga local wisdom dengan mendokumentasikan arsip-arsip individual maupun kelembagaan, sampai membuat museum biorama. Kalau bisa dijalankan ini akan sangat baik sekali,” tandasnya.

Di akhir acara, dilakukan Komitmen Bersama Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di Lingkungan Setjen DPD. Yakni, dengan mendukung gerakan nasional sadar tertib arsip, melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Baca juga : Kementerian Keuangan Apresiasi Kinerja PLN Sebagai Debitur Terbaik Kategori BUMN

Kemudian, mewujudkan tertib arsip sebagai program prioritas yang berkelanjutan, melaksanakan pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan pengelolaan arsip.

Dan terakhir, membangun kesadaran kesamaan persepsi dan keterikatan seluruh pegawai pada unit kerja terhadap nilai guna dan manfaat arsip. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.