Dark/Light Mode

Jelang Pemilu 2024, Pemilih Pemula Harus Cerdas! Ini Tipsnya!

Senin, 27 November 2023 22:42 WIB
Ilustrasi pencoblosan pada Pemilu (Gambar: Roslina)
Ilustrasi pencoblosan pada Pemilu (Gambar: Roslina)

Pesta demokrasi akan berlangsung pada tahun 2024, memungkinkan bagi masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka dalam menentukan arah Indonesia untuk lima tahun ke depan. Pemilih pemula termasuk di antara mereka dalam proses pemilihan, termasuk dalam Pemilu 2024.

Menurut Undang-Undang (UUP Pemilu, Bab IV Pasal 198 (Ayat 1), Pemilih pemula adalah Warga Negara Indonesia yang pada hari pemungutan suara sudah genap berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah/pernah menikah, yang mempunyai hak memilih dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan Undang-Undang Pemilu. Untuk menjadi pemilih mula yang kritis dan cerdas, ada beberapa tips. Apa saja? Yuk simak!

1. Pastikan Terdaftar sebagai Pemilih

Pemilih pemula harus memeriksa keabsahan keikutsertaan mereka dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jika belum terdaftar, mereka dapat mengunjungi kantor kelurahan sesuai tempat tinggal untuk memperbarui informasi. Jika belum terdaftar, sebaiknya segera melaporkan diri agar bisa dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPTHP).

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Rabu 22 November, Cek Disini Lokasinya

2. Cari Tahu Informasi dan Rekam Jejak Kandidat

Agar dapat membuat pilihan yang lebih cerdas saat memilih, pemilih pemula sebaiknya mencari sebanyak mungkin informasi tentang calon-calon, termasuk calon presiden, wakil presiden, anggota legislatif, dan lainnya. Rekam jejak mereka dapat diakses melalui media sosial yang mereka miliki.

Penting untuk menggunakan sumber informasi yang dapat dipercaya seperti situs resmi kampanye, platform sosial resmi dari para kandidat, berita dari media terpercaya, dan laporan dari lembaga independen. Disarankan untuk menghindari informasi yang tidak jelas asal-usulnya atau belum diverifikasi.

Selalu periksa fakta dari klaim atau pernyataan yang dibuat kandidat. Terkadang, klaim tersebut memerlukan pengecekan lebih lanjut agar kebenarannya dapat dipastikan.

Baca juga : Ganjar Dan JK Sepakat, Pemilu 2024 Harus Berjalan dengan Baik

3. Pastikan Memenuhi Syarat Menjadi Pemilih

Pemilih pemula harus memahami dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk Pemilu 2024. Beberapa syarat untuk terdaftar sebagai pemilih yang wajib diketahui yaitu:

  • Genap berumur 17 tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, sudah kawin, atau sudah pernah kawin.
  • Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
  • Berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibuktikan dengan KTP-el (e-KTP).
  • Berdomisili di luar negeri yang dibuktikan dengan KTP-el (e-KTP), Paspor dan/atau Surat Perjalanan Laksana Paspor.
  • Bagi Pemilih belum mempunyai KTP-el (e-KTP) dapat menggunakan Kartu Keluarga (KK).
  • Tidak sedang menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).
  • Tidak dalam kondisi gangguan jiwa.

4. Aktif Ikuti Perkembangan Informasi Pemilu

Dengan menjadi pemilih yang terinformasi, kamu memiliki potensi untuk memberikan dampak pada perubahan melalui suara yang kamu berikan. Dengan memilih berdasarkan pemahaman yang kuat, kamu dapat memberikan dukungan kepada calon atau partai yang diyakini akan membawa perubahan yang diinginkan dalam masyarakat.

Baca juga : Terus Diserang, Keunggulan Prabowo-Gibran Kian Melebar

Pemilihan yang tepat membutuhkan pengetahuan yang memadai. Oleh karena itu, sebagai pemilih pemula, aktif mengikuti perkembangan informasi seputar Pemilu akan membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan sesuai dengan harapan untuk masa depan negara.

5. Hindari Golput!

Menghindari golput atau absen dalam pemilihan sama pentingnya dengan melakukan pemilihan dengan kesadaran penuh dalam proses demokrasi. Tidak memberikan suara bisa memberi kesempatan kepada pihak-pihak tertentu untuk memanipulasi hasil pemilihan dengan menguasai suara yang tersisa. Dengan melakukan pemilihan, Anda membantu mengurangi potensi manipulasi tersebut dengan menambah jumlah suara yang menjadi faktor penting dalam hasil akhir.

Memilih atau tidak adalah hak setiap individu, tetapi melakukan pemilihan secara sadar dapat memberikan dampak yang besar dalam proses demokrasi. Karena itu, bagi pemilih pemula, menghindari golput bisa menjadi langkah awal dalam mengambil bagian aktif dalam membentuk masa depan negara.

Roslina
Roslina
Mahasiswa Program Studi Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.