Dark/Light Mode

Menghadapi Ketidakpastian

Minggu, 6 Februari 2022 07:00 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Kalau ada pihak tertentu yang selama ini bisa meraih keuntungan di tengah pandemi, maka sisihkanlah keuntungan itu untuk riset. Menyumbanglah. Bukan hanya memanfaatkan. Bukan hanya merebut proyek, tapi juga melahirkan proyek masa depan mengenai pandemi.

Selain itu, jangan terlalu cepat mendeklarasikan kemenangan. Misalnya, “kita akan bebas dari Covid-19 bulan sekian atau tahun sekian”. Jangan. Karena itu bisa menurunkan kewaspadaan.

Baca juga : Menenangkan Covid Ngamuk

Di tengah ketidakpastian seperti sekarang, ramal-meramal ditunda dulu. Karena, kalau meleset, rakyat makin lelah. Bikin gaduh.

Persiapan lain yakni menghadapi tahun politik. Pemilu kian dekat, heboh politik sudah dimulai, pemindahan ibukota masih jadi perdebatan, pro-kontra soal utang, korupsi, polarisasi, dan banyak isu lainnya, perlu diantisipasi serius. Sedialah payung sebelum hujan.

Baca juga : Menggeser Keyakinan Politik

Faktor politik atau kepentingan politik, terkadang bisa membuat virus bertambah ganas. Ketidakpastian dalam politik, teka-teki apa yang terjadi di depan, juga bisa melahirkan persoalan.

Akibatnya, rakyat jadi korban, termasuk anak-anak dan generasi muda. Itu perlu dihindari. Diantisipasi. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.