Dewan Pers

Dark/Light Mode

Teka-teki Jadwal Pemilu 2024

Kamis, 13 Januari 2022 06:38 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapan Pemilu 2024 digelar? Masih misteri. Jadi teka-teki. Ada yang menduga, penentuan jadwal ini sengaja diulur atau digantung, supaya diputuskan oleh Komisi Pemilu Umum (KPU) berikutnya. Bukan yang sekarang.

Masa jabatan KPU dan Bawaslu pusat periode sekarang akan berakhir 11 April 2022. Mereka akan digantikan KPU baru yang sekarang sedang diseleksi. Sebanyak 14 nama calon komisioner KPU sudah diserahkan ke Presiden Jokowi.

Berita Terkait : Penjabat, Hindari Penyakit Ini!

Sebenarnya, harapan besar diberikan ke KPU supaya jadwal pemilu diputuskan tahun 2021 lalu. Tapi, apa boleh buat, KPU, pemerintah dan DPR tak mencapai kata sepakat. Antara lain soal jadwal pencoblosan. KPU menginginkan Februari 2024. Sedangkan pemerintah mengusulkan Mei, setelah lebaran.

Kalau terulur-ulur, tidak tercapai kata sepakat, KPU akan kewalahan. Karena, akan ada tiga agenda besar yang ditangani; Pilpres, pemilu legislatif dan pilkada serentak 2024.

Berita Terkait : Amerika Dan Detoks Politik Kita

Ini pekerjaan kompleks. Menunda-nunda jadwal, berpotensi melahirkan tragedi demokrasi jilid II.

Tragedi jilid I terjadi pada Pemilu 2019 ketika ratusan penyelenggara pemilu meninggal dunia. Jangan sampai tragedi ini terulang. Mahal sekali taruhannya.

Berita Terkait : Flurona, Pirona Dan Garona

Molornya penentuan jadwal pencoblosan membuka peluang kegaduhan baru. Segala kemungkinan baru. Para bakal kandidat capres atau wakil rakyat yang sekarang sudah melangkah jauh, akan mempertanyakan. Gaduh lagi.
 Selanjutnya