Dark/Light Mode

Membuka Topeng Rasis

Selasa, 8 Maret 2022 07:02 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Sekarang, Eropa membuka dengan tangan terbuka pengungsi dari Ukraina. Para pemimpin Eropa mengatakan siap menerima pengungsi di perbatasan mereka dengan tim sukarelawan yang membagikan makanan, air, pakaian, dan obat-obatan.

Mereka diizinkan masuk tanpa paspor. Tidak perlu visa. Transportasi umum dan telepon gratis di seluruh Eropa.

Baca juga : Menghukum Oligarki

Para pengungsi Ukraina juga ditawarkan perlindungan sementara hingga tiga tahun di negara-negara Uni Eropa. Tanpa harus mengajukan suaka. Mereka juga berhak atas izin tinggal dan akses ke pendidikan, perumahan, dan pasar tenaga kerja.

Mestinya, beginilah cara kerjanya. Karena, selama ini sudah sangat lama dunia dihadapkan kepada krisis kemanusiaan akibat pengungsi global. Tidak ada diskriminasi. Tidak ada lagi “orang kita” atau “khusus yang bermata biru”.

Baca juga : Bahaya Dendam Politik

Maka, sangat wajar kalau pemain Persib Bandung, Mohammed Rashid tidak mau memegang spanduk bertuliskan “Stop War”, pekan lalu. Spanduk itu untuk menunjukkan rasa solidaritas atas serangan Rusia ke Ukraina.

Spanduk itu dibentangkan pemain ketika Persib menjamu Persija Jakarta. Rashid, pemain asal Palestina itu mengatakan, “saya tidak setuju perang di Ukraina atau perang apa pun, di negara mana pun! Saya menentang semua perang”.

Baca juga : Putin Vs "Putin"

“Mengapa standar ganda? Ini sangat tidak adil. Kita semua manusia. Kami juga tidak ingin perang di Palestina, Suriah, Yaman, Irak, dan lain-lain. Jika kita ingin bersimpati dan menunjukkan kemanusiaan, kita harus melakukannya untuk semua orang yang menderita di seluruh dunia, bukan memilih-milih”.

Rashid seribu persen benar. Semoga Eropa dan dunia mendengarnya. Saatnya menunjukkan nilai-nilai tertinggi kemanusiaan tanpa batas dan sekat. Bukan hanya untuk yang “bermata biru atau berambut pirang” atau “bermobil seperti kita”. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.