Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembali Ke Selera Asal

Selasa, 26 April 2022 06:38 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa aktivitas favorit yang dilakukan saat mudik? Berburu kuliner!

Survei preferensi mudik Lebaran 2022 yang dilakukan Pegipegi, Maret 2022 lalu, membuktikan itu: 52 persen pemudik ingin melakukan wisata kuliner.

Daerah perlu menangkap peluang ini. Siapkan dan tata kembali sentra-sentra kuliner yang menarik. Bangun pusat oleh-oleh yang lengkap. Ekonomi bisa digairahkan kembali lewat lidah. Melalui makanan.

Baca juga : 7 Resep Anti Polarisasi

Kalau selama ini ada sentra kuliner yang mati akibat pandemi, segera revitalisasi. Masih ada waktu sekitar seminggu. Mepet, tapi masih bisa.

Memang tidak ada yang lebih nikmat di lidah selain “kembali ke selera asal”. Menikmati masakan keluarga atau kuliner khas daerah.

Bagi warga urban, kuliner-kuliner keren seperti Bufala Mozzarella, Arugula Salad, Olive oil cake, atau nama-nama indah lainnya, tidak ada artinya dibanding sambal goreng ati buatan ibu, kue pancong sederhana dekat alun-alun kota, atau bakso samping masjid raya.

Baca juga : Minyak Goreng, Happy Ending?

Menikmati “kuliner asli” terkadang tak butuh piring cantik dengan hiasan kembang kecil di pinggirnya. Tak perlu sendok atau garpu perak yang tebal. Terasa enak saja walau sederhana.

Kuliner memang bukan hanya soal rasa, tapi juga kenangan. Bahkan juga soal hati dan jiwa. Resep terbaik sekalipun, kalau tidak ada “jiwa dan hatinya” akan terasa hambar.

“Jiwa dan hati” itu ditiupkan oleh juru masak. Dan juru masak terbaik adalah orang tua. Ibu. Dia memberikan jiwa dan hatinya untuk anak-anaknya. Lewat makanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.