Dark/Light Mode

Kembali Ke Selera Asal

Selasa, 26 April 2022 06:38 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Mereka yang “kembali ke selera asal” tahun ini diperkirakan mencapai 85,5 juta. Begitu data yang dirilis Kementerian Perhubungan. Ini merupakan migrasi bareng terbesar kedua di dunia, setelah budaya mudik di China.

Uang yang beredar juga tak sedikit. Bank Indonesia (BI) bahkan menambah alokasi ketersediaan uang tunai lebih banyak dari rencana awal untuk menyambut “mudik balas dendam” tahun ini.

Baca juga : 7 Resep Anti Polarisasi

Tambahannya sebanyak Rp 27 triliun, sehingga totalnya menjadi Rp 202,7 triliun. Info ini disampaikan Deputi Gubernur BI Aida S Budiman, pekan lalu.

Dari uang yang disiapkan selama lebaran 2022 ini, sebagian besar akan berputar di sektor kuliner dan pariwisata yang digairahkan oleh para pemudik.

Baca juga : Minyak Goreng, Happy Ending?

Selamat mudik. Selamat berburu dan berwisata kuliner. Namun, di sela keceriaan itu, masih ada 13.251 orang masih dirawat di RS karena Covid-19. Demikian data yang dirilis Satgas, kemarin.

Juga masih ada saudara-saudara kita yang sekadar “makan untuk hidup”, yang data hariannya tak pernah disampaikan. Mereka ada dimana-mana. Jumlahnya pun tak sedikit.

Baca juga : Milih Penjabat, Bukan Milih Buah

Selamat mudik. Selamat berwisata kuliner sambil tetap menjaga protokol kesehatan. Karena, di banyak daerah, prokes sudah sangat longgar. Pemudik juga bisa menjadi “duta prokes” sehingga angka Covid-19 tidak melonjak pasca lebaran.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.