Dark/Light Mode

2024, Gen X Pegang Kendali?

Minggu, 5 Juni 2022 06:42 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Hasil Sensus Penduduk 2020 menunjukkan, saat ini penduduk Indonesia didominasi Generasi Z. Jumlahnya 74 juta dari penduduk Indonesia.

Generasi Z saat ini diperkirakan berusia 8 hingga 23 tahun. Selepas 2024, mereka akan masuk usia produktif.

Baca juga : Pancasila 42 Tahun Kemudian

Mereka yang sekarang berada di usia produktif, ada di kelompok milenial. Jumlahnya, 69 juta.

Lalu Generasi X sebanyak 58 juta. Sementara penduduk paling sedikit adalah Pra Boomer, yang lahir sebelum 1945. Jumlahnya 5 juta.

Baca juga : Taruhan Mahal Menunjuk Penjabat

Baby Boomer kelahiran 1946 hingga 1964. Generasi X, kelahiran 1965 hingga 1980. Lalu Milenial, kelahiran 1981 hingga 1996. Selanjutnya, Gen Z, lahir 1997 hingga 2012. Kemudian Post Gen Z, kelahiran 2013 dan seterusnya.

Bagaimana dengan panggung politik Indonesia sekarang? Di antara sekian banyak generasi itu, generasi baby boomer masih memegang kendali sangat penting. Sangat menentukan. Termasuk untuk urusan pilpres.

Baca juga : Program Baik Dan Urgen Jangan Dibuang

Dengan pergerakan zaman dan tantangan yang kian tak terduga, apakah peta, realita dan komposisi ini masih nyambung? Apakah ada missing link yang tidak disadari tapi sangat berdampak? Apakah “beberapa mata rantai yang hilang” itu menjadi faktor sangat menentukan warna dan arah bangsa ini?

Banyak sekali pertanyaan yang jawabannya seringkali tak terduga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.