Dark/Light Mode

Elite Yang Tak Peka

Rabu, 22 Juni 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Beratnya beban hidup masyarakat imbas dari pandemi dan ancaman krisis pangan sepertinya tidak digubris beberapa elite negeri ini. Ya, mereka adalah para petinggi yang tidak memiliki sensitivitas dan juga skala prioritas. Itu tercermin dalam langkah-langkah mereka yang mementingkan politik kekuasaan di tengah kesulitan masyarakat.

Ada petinggi yang memilih untuk memobilisasi mesin partai demi meningkatkan popularitas, likeabilitas, dan elektabilitas menjelang 2024. Deklarasi digelar di mana-mana. Ratusan miliar sudah, sedang, dan akan dihabiskan untuk mensosialisasikan siapa dirinya ke para pemilih di republik ini.

Baca juga : Menyikapi Kenaikan Kasus Baru

Ada juga elite yang sibuk membangun koalisi. Merapat ke sana, merapat ke sini demi mendapat tiket untuk bisa maju di 2024.

Salahkah ini? Dalam situasi normal, tentu saja yang demikian sah-sah saja. Namun, di tengah kondisi seperti ini, langkah tersebut mengusik rasa kemanusiaan. Di tengah kesulitan masyarakat akibat harga barang-barang naik, mereka malah sibuk promosi dan membangun koalisi.

Baca juga : Peran Wapres

Ini juga merupakan pertanyaan skala prioritas. Mana yang mesti dilebihdulukan. Mana yang mesti diakhirkan. Banyak yang terbalik.

Akibat hal itu, negara dan para penyelenggara pemerintahannya sering dirasakan ketidakhadirannya di masyarakat. Mereka dianggap gagal. Ya, negara gagal.

Baca juga : Menghapus Mental Impor

Negara mesti responsif dengan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat. Gercep. Masalah apapun ditangani profesional. Tidak amatiran. Mestinya adanya divisi quick respons.

Dengan demikian, rakyat bisa mendapatkan manfaat berbangsa dan bernegara. Semua terhindar dari kemudharatan. Inilah potret negara sukses. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.