Dark/Light Mode

Anies Laris Manis

Jumat, 24 Juni 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Gubernur Jakarta Anies Baswedan terus naik menjelang Pemilu 2024. Beberapa partai sudah mendekatinya. Bahkan ada yang sudah mengajukannya sebagai capres. Beberapa tokoh besar juga terus menyokongnya.

Dalam survei-survei, nama Anies memang tidak berada di puncak. Dia kalah dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Namun, dengan dukungan tadi, jalan Anies untuk maju di 2024 sangat terbuka lebar.

Baca juga : Elite Yang Tak Peka

Bila head to head dengan Prabowo, peluang Anies untuk menang juga sangat terbuka. Dari sisi popularitas, Prabowo memang sudah sangat tinggi. Namun, tingkat kesukaan dan keterpilihannya cenderung tidak naik-naik. Ini artinya, bila dipaksakan tarung dengan nama-nama baru, termasuk Anies, yang akan keluar menjadi pemenang bisa figur baru.

Oleh karena itu, nama-nama baru yang lebih fresh, meski popularitasnya belum terlalu tinggi, memiliki harapan serta kesempatan untuk hadirnya kuda hitam. Adapun di antara nama-nama yang muncul dan telah masuk ke dalam radar pemimpin nasional terkuat di antaranya adalah Anies di samping nama-nama lainnya.

Baca juga : Menyikapi Kenaikan Kasus Baru

Di antara nama-nama yang muncul di survei, nama-nama baru mungkin bisa digenjot dan diproyeksi dapat mengubah peta pencapresan. Asalkan masing-masing tidak melakukan kesalahan yang menjadi blunder politik besar yang menggurus tingkat kesukaan publik terhadap dirinya.

Bukan hanya kesalahan yang mengakibatkan melorotnya popularitas, para kandidat capres juga jangan membuat blunder yang hanya memunculkan dan memberi jalan naiknya popularitas salah satu tokoh yang dizalimi

Baca juga : Peran Wapres

Sekarang, semua diserahkan kepada para kandidat capres untuk menangani masalah-masalah yang bisa, paling tidak mengokohkan posisinya, di antaranya memilih pasangan cawapres. Pasangannya harus benar-benar yang bisa memperkuat dan memperbanyak suara politiknya. Karena memilih pasangan akan secara signifikan menyumbang kedudukan suara. Semoga Indonesia diberi pemimpin nasional yang lebih baik dan terbaik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.