Dewan Pers

Dark/Light Mode

Negeri Siaga Bencana

Jumat, 1 Juli 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Negeri ini sepertinya harus mulai menyiapkan diri sebagai negeri yang selalu dalam keadaan darurat. Kedaruratan negeri ini diciptakan oleh man-made musibah, akibat ulah tangan manusia-manusia jahil lagi tidak bertanggung jawab, dan ada yang memang sudah digariskan Tuhan sebagai negeri yang besar potensi bencananya.

Banyak sekali peristiwa darurat terjadi karena ulah manusia Indonesia yang rusak karakternya, karakter moralnya juga karakter kinerjanya. Pemimpin kita dan bangsa ini, akibat ulah segelintir manusia zalim ini, jadi kehilangan fokus untuk bersama membangun negeri yang kokoh, maju, dan terpandang di mata dunia. Kita terus ditarik mundur oleh oknum pejabat yang bejat moral kekuasaannya, berkongsi dengan pengusaha mental proyek

Berita Terkait : Musim Pencitraan

Kita sebagai bangsa, khususnya para pemangku negara, harus mulai menata dengan selain early warning system bencana, juga selalu siap dengan emergency action. Ini bukan hanya di pusat tapi juga pemerintah daerah.

Daerah-daerah yang secara geografi dan analisa geologisnya tertinggi potensi bencananya, harus merancang aksi antisipasi dan rencana kontigensi yang disosialisasi secara luas kepada warganya. Bila diperlukan, selalu ada simulasi jika keadaan yang diinginkan terjadi. Harus mau.

Berita Terkait : Kenapa Migor Masih Mahal?

Desain rumah tinggal, infrastruktur, petunjuk arah emergency exit sudah harus dirancang oleh bagian tata kota seluruh kabupaten dan kota. Sekali lagi, negeri berada dalam ring of fire karenanya sudah harus mulai mengenali keberkahan dan keganasannya. Faktanya, selalu saja ada hikmat terselubung di balik musibah. ■