Dark/Light Mode

Guncangan Krisis Ekonomi

Rabu, 6 Juli 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Badai politik sudah berlalu. Sekarang, kita memasuki pusaran badai ekonomi yang datang dari dua penjuru. Dari dalam negeri, ekonomi belum pulih akibat pandemi. Dari luar, ekses perang Rusia-Ukraina sudah sangat terasa.

Bukti badai ekonomi ini sudah jelas. Pengangguran masih tinggi. Angka kemiskinan juga belum bisa ditekan. Di sisi lain, harga pangan dan energi terus melonjak. Nilai tukar rupiah tertekan.

Baca juga : Politisi Kompor Berkeliaran

Untuk menghadapi ini, Pemerintah harus memilih kebijakan dan keberpihakan yang bisa menyelamatkan negeri ini dari turbulensi ekonomi yang bisa jadi semakin dahsyat. Jangan sampai salah keberpihakan, karena bisa menyusahkan semua. Utamanya rakyat kebanyakan.

Negara harus berhenti memberi privilege kepada raksasa-raksasa bisnis saja. Kini, harus memberi atensi berlebih kepada kelompok bisnis menengah ke bawah. Mereka harus diberi kepercayaan dan kekuatan untuk bertumbuh.

Baca juga : Negeri Siaga Bencana

Seluruh jaringan keuangan dikerahkan untuk men-scale up usaha-usaha kecil ke level menengah. Usaha-usaha raksasa juga harus mau sharing dengan kelompok usaha kecil menengah. Eranya sinergi dan kolaborasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.