Dark/Light Mode

Bukan Telur Di Ujung Tanduk

Selasa, 30 Agustus 2022 06:39 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Urusan telur butuh keseriusan. Jangan sampai harganya terus melambung. Saat ini, dari beberapa data yang dikumpulkan, harga telur ayam ras termahal ada di Provinsi Maluku. Harganya Rp 40.000/kg. Sedangkan yang termurah ada di Provinsi Jambi: Rp 26.550 per kg.

Yang menarik, kenaikan harga telur ini sempat menjadi perdebatan dua kementerian. Satu kementerian mengatakan, kenaikan harga disebabkan oleh tingginya permintaan telur untuk paket bantuan sosial (bansos). Sementara Kemensos membantah hal ini.

Baca juga : "Last Minute Politics"

Alasan lainnya, kenaikan ini karena melonjaknya harga pakan. Harga pakan naik karena bahan bakunya naik. Jagung impor misalnya, sekarang harganya melambung.

Harga gandum, juga naik. Ini imbas dari perang Rusia-Ukraina yang belum diketahui kapan berakhirnya. Rusia merancang perang ini sebagai perang yang slow. Lambat. Pelan-pelan. Tapi, akibatnya, rantai pasokan dunia terhambat. Salah satunya, pakan ternak.

Baca juga : "Reshuffle Kerakyatan"

Yang pasti, kita berharap, dua pekan lagi, harga telur sudah normal, seperti yang dijanjikan. Target ini butuh keseriusan. Jangan sampai, nasib rakyat “seperti telur di ujung tanduk”. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.