Dark/Light Mode

Membaca Peluang Sandi

Rabu, 12 Oktober 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Sandiaga Uno menjadi salah satu kandidat potensial untuk maju di 2024. Di bursa bakal capres, elektabilitasnya memang kalah jauh dibanding Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto. Namun, di bursa bakal cawapres, namanya sangat diperhitungkan. Beberapa hasil survei menunjukkan, elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini ada di urutan atas kandidat cawapres.

Lalu, bagaimana peluang Sandi? Saat ini, Sandi masih merupakan kader Partai Gerindra. Dia pun menegaskan, selalu patuh, taat, dan tegak lurus dengan perintah dan kebijakan Prabowo Subianto. Apa pun maunya Prabowo, akan diikuti. Sandi tidak akan mbalelo.

Baca juga : Menerka Nasib AHY

Dengan kondisi ini, peluang Sandi maju dari Gerindra jelas sulit. Sebab, Gerindra sudah menegaskan, Prabowo adalah satu-satunya kandidat capres.

 Untuk menjadi cawapres dari Gerindra juga sama sulitnya. Sebab, Gerindra butuh berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mengajukan capres-cawapres. Saat ini, yang sudah lengket dengan Gerindra, meskipun belum resmi, adalah PKB. Jika resmi berkoalisi, jelas PKB tidak akan mau semua kandidat dari Gerindra. PKB sudah mematok harga, minimal Muhaimin Iskandar alias Imin harus menjadi cawapres.

Baca juga : Sepak Bola Tak Seharga Nyawa

Kalaupun Gerindra tidak jadi berkoalisi dengan PKB, peluang Sandi tetap sulit. Misalnya, Gerindra berkoalisi dengan PDIP. Jelas, cawapresnya tidak akan Sandi. Pasti dari kader PDIP. Atau Gerindra bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), cawapresnya juga tidak akan Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.