Dark/Light Mode

Badai Terjang Kemenkeu

Sabtu, 11 Maret 2023 06:38 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kasus-kasus transaksi mencurigakan, yang terungkap umumnya menunjukkan indikasi penyamaran harta atau kekayaan dengan modus-modus klasik. Kekayaan diatasnamakan orang lain atau harta tidak dilaporkan. Kalau hal seperti ini terjadi berulang-ulang, dapat menimbulkan kejengkelan sosial.

Tingkat kepatuhan rakyat membayar pajak yang terus meningkat tiga tahun terakhir ini bisa buyar kalau kasus kasus transaksi mencurigakan yang melibatkan oknum petugas pajak tidak diproses sampai tuntas di pengadilan.

Baca juga : Stop Pamer Kekayaan

Ke depan ini, kita berharap, ada tim permanen yang beranggotakan pimpinan Kemenkeu, KPK, Kejaksaan Agung dan PPATK. Begitu ada tanda-tanda oknum pejabat Kemenkeu bermain, bisa lang sung ditindak dan dipecat.

Dari internal, kita berharap Irjen Kemenkeu mengawasi ketat pejabat-pejabat eselon IV, eselon III dan eselon II. Begitu muncul laporan transaksi men curigakan, Irjen langsung bertindak.

Baca juga : Segera Banjiri Pasar Beras

Sekali lagi, para petinggi di kementerian harus aktif mengawasi bawahannya. Begitu muncul tanda tanda anak buah mau kongkalikong dengan makelar pajak, bea masuk atau makelar proyek, bisa langsung bertindak, lalu menyerahkan mereka yang diduga terlibat ke KPK atau Kejaksaan Agung. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.