Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Ancaman Kekeringan

Sabtu, 5 Agustus 2023 05:30 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Musim kemarau tahun ini diramal­kan jauh lebih panjang dan lebih ke­ring dari tahun 2022 lalu. Oleh karena itu, langkah antisipasi mesti dilakukan supaya masyarakat tak kekurangan air bersih.

Kita juga berharap, pemerintah menyiapkan langkah antisipasi meng­hadapi kemungkinan produksi pang­an, terutama beras menurun akibat kemarau panjang.

Baca juga : Awas, Beras Tak Boleh Langka

Untuk daerah-daerah yang sudah terkena dampak kekeringan ekstrem, pemerintah perlu menyiapkan bantuan air bersih. Armada tanki air harus disiapkan dalam jumlah besar.

Langkah antisipasi terhadap ke­mungkinan terjadinya kebakaran hutan juga harus dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama-sama pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

Baca juga : Ciptakan Lagi Lapangan Kerja

Kita juga berharap, masyarakat yang tinggal di sekitar hutan diikut­sertakan dalam kegiatan pencegahan kebakaran hutan.

Sedangkan bagi petani yang gagal panen, pemerintah perlu memberikan bantuan pangan, bantuan bibit dan pupuk untuk masa tanam berikutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.