Dark/Light Mode

Ancaman Kekeringan

Sabtu, 5 Agustus 2023 05:30 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita juga berharap, pemerintah menambah stok beras di daerah-daerah yang produksi berasnya turun akibat kekeringan ekstrem.

Gudang-gudang Bulog di daerah yang mengalami kekeringan harus diisi beras dari daerah yang surplus atau panennya baik.

Baca juga : Awas, Beras Tak Boleh Langka

Kalau stok beras di daerah-daerah yang mengalami kekeringan, cukup besar atau jauh di atas kebutuhan rakyat, maka harganya di pasar tradisional akan terkendali.

Oleh karena itu, para bupati harus mencermati stok beras di daerahnya masing-masing. Setiap hari, mesti ada petugas yang turun ke pasar untuk mencek harga.

Baca juga : Ciptakan Lagi Lapangan Kerja

Kalau ada tanda-tanda stok beras menipis atau harga naik signifikan, bupati mesti cepat meminta ban­tuan dari daerah lain yang surplus beras.

Sekali lagi, kita berharap pemerin­tah segera menyiapkan langkah anti­sipasi menghadapi El Nino. Pertama, stok beras harus dijaga jangan sampai menipis. Kedua, bantuan air bersih harus diberikan kepada masyarakat di daerah-daerah yang mengalami kekeringan ekstrem. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.