Dark/Light Mode

Rekor Kaesang Dan Game Changer

Selasa, 26 September 2023 05:45 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Kalimat ini bisa ditafsirkan bahwa sangat mungkin, hubungan Jokowi dengan PSI akan berlangsung lama dan permanen. Kaesang juga mengajak semua relawan Jokowi supaya bisa bergabung dengan PSI.

Dalam pidatonya, Kaesang tampil “sangat anak muda banget”. Dia membaca teks sambil menyelipkan celetukan-celetukan segar yang membuat acara tersebut berlangsung rileks khas anak muda.

Baca juga : Bisnis, Politik Dan Mahkota

Pidato pertama Kaesang sebagai ketum PSI, cukup meyakinkan. Imejnya selama ini, dengan gaya khasnya, seperti menghilang. Dia tampil percaya diri. Cukup oratoris.

Terpilihnya Kaesang juga bisa mempengaruhi perolehan suara PDI-P di Pemilu 2024. Karena, irisan pemilih kedua parpol ini relatif sama. Kaesang menyebut PSI adalah partai kaum nasionalis anak muda atau yang berjiwa muda.

Baca juga : "Kursi Emas Pun Tidak Nyaman"

Sebelum hubungan kedua parpol ini memanas, bahkan ada yang menyebut PSI, dalam nada bercanda, sebagai PDI-P U23. Ini menggambarkan tipisnya irisan dua parpol ini.

Setelah heboh Kaesang, ada satu lagi yang bisa menjadi “game changer”, yakni putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai syarat usia capres/cawapres.

Baca juga : Berlapang-lapang Di Rempang

Kalau MK memutuskan capres/cawapres bisa berusia 35 tahun, maka putusan ini bisa memberi peluang kepada Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi cawapresnya Prabowo. Putusan ini bisa mengubah arah permainan untuk 2024. Juga bisa mengubah peta politik ke depan.

Menarik ditunggu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.