Dark/Light Mode

Kampanye Antikorupsi

Sabtu, 4 November 2023 05:52 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Tiga tahun mendatang ini adalah tahun-tahun yang sangat berat bagi negeri ini. Konflik Israel-Palestina yang semakin keras, perang Rusia-Ukraina yang belum bisa diramalkan kapan akan berakhir, plus ketegangan politik China-Taiwan bisa menekan pertumbuhan ekonomi global. Teru­tama akibat melonjaknya harga pangan dan minyak dunia. Ini semua dapat memicu resesi ekonomi global.

Tekanan terhadap ekonomi dalam negeri pun bertambah berat akibat El Nino dan kekeringan. Oleh sebab itu, pencegahan korupsi dan efisiensi biaya harus jadi fokus pejabat ekse­kutif dan legislatif dalam mengawal pelaksanaan proyek-proyek besar.

Baca juga : Jangan Ganggu Pesta Rakyat

Ke depan, semua pejabat eksekutif dan legislatif harus menjauhi tinda­kan penggelembungan anggaran atau nilai proyek pembangunan. Tak boleh ada kongkalikong antara pejabat eksekutif dengan pimpinan legislatif, baik di pusat maupun daerah.

Sekali lagi kita berharap, yang terpilih jadi anggota legislatif adalah orang-orang jujur, antikorupsi dan punya tekad menyelamatkan uang negara.

Baca juga : Jangan Lupakan Orang Miskin

Bahkan, kalau perlu anggota legislatif menjadi filter proyek-proyek pembangunan. Kalau ada proyek yang dinilai tak masuk akal, anggota legislatif tak perlu ragu-ragu untuk menolak.

Jadi sudah saatnya, pejabat ekse­kutif dan legislatif bersama-sama memerangi korupsi. Ini penting, supaya negeri ini selamat dari terpaan badai resesi ekonomi global.

Baca juga : Hukum Berat Pembakar Hutan

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 04 November 2023 dengan judul "Kampanye Antikorupsi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.