Dark/Light Mode

Jaga Ekonomi Kelas Bawah

Sabtu, 2 Desember 2023 05:56 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Ke depan ini, proyek pembangunan pelabuhan, bandara, bendungan dan pengerukan sungai juga mesti melibatkan warga setempat.

Orang-orang yang masih menganggur, harus diberi peluang untuk bekerja di proyek padat karya di sekitar tempat tinggal mereka. Kalau sebagian besar warga desa bekerja, ekonomi lokal akan tumbuh lebih cepat.

Baca juga : Dana Murah Untuk Rakyat

Upaya menciptakan lapangan kerja baru di kota-kota kecamatan dan desa, mesti dilakukan sekuat tenaga oleh pemerintah pusat, bersama-sama para gubernur, bupati dan walikota. Permudah perizinan bagi calon inves­tor, yang bisnisnya menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Bukan hanya tenaga kerja level menengah, tapi juga tenaga terdidik, baik sarjana maupun pasca sarjana.

Jadi supaya rakyat kecil yang ada di desa-desa bisa lebih cepat naik kelas, investasi baru harus diarahkan ke daerah-daerah.

Baca juga : Caleg Pembela Orang Miskin

Sekali lagi, supaya rakyat di lapisan paling bawah, tetap bisa makan, bisa membeli pakaian dan menyekolahkan anak, upaya menciptakan lapangan kerja baru tak boleh ber­henti. Sebab, semakin banyak lapangan kerja tercipta, roda ekonomi di level bawah akan semakin cepat berputar.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 2 Desember 2023 dengan judul "Jaga Ekonomi Kelas Bawah"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.