Dark/Light Mode

Ayo Gerak Cepat Banjiri Pasar Beras

Sabtu, 16 Desember 2023 06:19 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita berharap, stok beras di gudang Bulog selalu berada di atas 1,5 juta ton. Ini penting, supaya Bulog bisa bergerak lebih gesit. Kalau di satu daerah, terjadi kelangkaan beras dan stok beras di gudang menipis, bisa langsung dipasok dari gudang Bulog daerah lain.

Kita juga berharap, pihak Kementerian Perdagangan terus memonitor pasar beras. Begitu ada tanda-tanda spekulan masuk ke pasar, cepat ambil tindakan tegas.

Baca juga : Ayo Hentikan Caci Maki

Hal serupa mesti dilakukan para kepala daerah bersama-sama pihak kepolisian dan kejaksaan. Kalau ada tanda-tanda spekulan coba bermain atau menimbun beras, segera tindak, tangkap dan seret ke meja hijau.

Ke depan ini, di semua lini, perdagangan beras harus transparan. Bulog mesti bertindak sebagai pengendali suplai di lapangan. Kalau stok di pasar mendadak berkurang, cepat atasi dengan menambah suplai atau operasi pasar.

Baca juga : Jaga Ekonomi Kelas Bawah

Sekali lagi, ke depan ini, beras tak boleh langka, baik di pasar induk, pasar rakyat maupun pasar tradisional. Ini penting supaya orang-orang yang ada di level paling bawah, bisa membeli beras dengan harga murah. 

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 16 Desember 2023 dengan judul "Ayo Gerak Cepat Banjiri Pasar Beras"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.