Dark/Light Mode

Segera Guyur Pasar Sembako

Sabtu, 24 Februari 2024 06:35 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sembako tak boleh langka. Sebab, kalau langka, harga di pasar pasti melonjak. Dan, jika harga melonjak, buruh harian, orang miskin dan sangat miskin pasti terpukul.

Harga bahan kebutuhan pokok, dua pekan terakhir ini merangkak naik. Untuk mencegah melangitnya harga sembako, segera guyur pasar tradisional dengan beras, gula, telur, minyak goreng dan tepung terigu.

Kita berharap Bulog, BUMN pang­an dan para kepala daerah serentak bergerak menambah pasokan sembako, baik ke pasar induk, pasar kota maupun pasar tradisional.

Baca juga : Cepat Pasok Beras Ke Pasar Rakyat

Begitu ada tanda-tanda, beras, gula, telur atau minyak goreng di satu provinsi langka, segera banjiri pasar.

Ke depan ini, Bulog dan kepala daerah harus cermat, kapan tambahan pasokan sembako mesti dilakukan. Kapan pasokan beras ditambah, kapan pasokan gula dan minyak goreng diperbesar. Ini semua harus dihitung di awal bulan.

Kalau di satu provinsi diprediksi stok sembako bakal menipis, cepat tambah pasokan dari provinsi terdekat. Begitu pula ketika, stok sembako di satu kabupaten menipis, cepat tambah pasokan dari kabupaten tetangga.

Baca juga : Pemilu Jurdil

Untuk ini, kita berharap Bulog bersama-sama pihak Kementerian Perdagangan memonitor provinsi mana saja yang stok sembakonya diprediksi menipis. Begitu ada tanda-tanda sembako langka, cepat tambah pasokan dan siapkan operasi pasar bersama-sama pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

Untuk membantu orang-orang yang ada di lapisan paling bawah, operasi pasar beras, gula, telur dan minyak goreng diharapkan dilakukan rutin seminggu sekali sampai harga stabil kembali.

Supaya, mereka yang tinggal di perkampungan padat penduduk bisa membeli sembako murah, operasi pasar sebaiknya dilakukan di sekitar pemukiman.

Baca juga : Lindungi Petani Kecil

Kita berharap, ke depan ini, perse­diaan sembako di pasar tradisional selalu di atas kebutuhan masyarakat, sehingga harganya relatif murah dan terjangkau orang-orang yang ada di lapisan bawah.

Sekali lagi, sembako tak boleh langka. Petinggi negara yang men­gurus masalah pangan mesti turun ke lapangan. Begitu muncul tanda-tanda harga sembako bakal naik, cepat atasi dengan menambah pasokan, plus operasi pasar.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 1, edisi Sabtu, 24 Februari 2024 dengan judul "Segera Guyur Pasar Sembako"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.