Dark/Light Mode

Presiden Sarungan

Senin, 28 Januari 2019 06:08 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Sarungan itu sungguh identitas santri dan di masa lalu tidak mudah dijumpai seorang pemimpin negara mengenakan itu. SBY sekalipun nyaris tidak pernah. Jokowi sebetulnya stylenya sudah sangat santri. Kunjungan ke Pesantren dan event Islami, juga kebijakan pro-kaum Muslimin dilakukannya.

Baca juga : BTP

Misalnya, mengukuhkan Hari Santri Nasional, itu prokaum santri sekali. Terakhir, ia memilih Wapres seorang kyai, dari Ormas Islam terbesar. Namun sayang, citra Jokowi dirasakannya belum berubah. Lalu, ada apa dengan semua ini?

Baca juga : Negara Pengutang

Tentu perlu waktu dan perlu sentuhan yang lebih konsisten. Perlu terus dilakukan pendekatan yang tulus. Buka cuma kulit luar. Jokowi memang harus terus berjuang di tengah kompetitor yang terus menyasar dunia Pesantren.

Baca juga : Tanpa Teks, Tanpa Bocoran

Jangan kalah stamina sama Sandi. Dan jangan kalah ketulusan. Lakukan dengan hati. Tidak usah berharap berubah. Terus berbuat baik saja. Usaha tidak akan mencederai hasil. Semangat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.