Dark/Light Mode

Bertahan Atau Menyerang

Jumat, 8 Februari 2019 06:41 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Seperti sepak bola, kedua tim ‘kesebelasan’ Pemilihan Presiden (Pilpres) saat ini sedang akuat, adu cerdas, dan adu ikhlas untuk memenangkan pertandingan. Tak kalah penting, menjaga stamina hingga selalu punya tenaga untuk aktif menyerang ka kandang lawan dan bertahan menghadapi serangan yang seringnya tak diduga-duga.

Baca juga : Propaganda Asing

Perhelatan Pilpres kali ini secara materi dan di atas kertas tidak imbang. Tapi untuk soal kekuasaan sebuah negara, tidak bisa dimatematikan. Selalu ada intervensi kekuatan yang tidak terlihat ikut memutuskan.

Baca juga : Main Kasar VS Halus

Oleh karenanya, pintar-pintar kedua belah pihak mengatur soal ini. Secara kalkulasi, Petahana masih unggul. Kalau pakai hitungan rasio, tim Kontender sejatinya bisa kurang bersemangat. Namun, lagi-lagi, urusan segede Pilpres slalu menyimpan kejutan Tuhan.

Baca juga : Kapitalisasi, Kriminalisasi

Jangan pernah tim Kontender terus melihat pergerakan selisih angka kekalahan. Sangat bisa mengganggu. Pede saja dengan kerja meyakinkan rakyat. Masih ada waktu untuk merebut hati dan meyakinkan rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.