Dark/Light Mode

Tata Krama & Debat

Rabu, 20 Februari 2019 06:30 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Apalagi mampu meyakinkan pemilih bisa memperjuangkan kepentingan mereka. Jadi point tersendiri. Adanya efek elektoral dalam sesi debat di negara-negara maju, tentu bukan semata karena performa debatnya tapi juga karakter pemilihnya itu sendiri.

Di sana pemilih benar-benar mempertimbangkan faktor rasionalitas tinimbang sentimen emosional. Ditambah aspek pragmatisme politik kepentingan.

Baca juga : Menyerang Pribadi

Oleh karena itu sangat penting bagi kandidat untuk secara jelas dan cerdas mengangkat serta memperjuangkan kepentingan sebanyak-banyaknya pemilih. Semakin besar ukuran kepentingan publik yang diperjuangkan semakin besar dukungan publik.

Publik juga cukup cerdas mana yang hanya janji di mulut dan mana yang akan berjuang dengan hati. Jadi menghadapi sesi debat Capres, kita berharap dua.

Baca juga : Menjual Kabinet Bayangan

Pertama, para pasangan Capres benar-benar mempersiapkan diri. Sampaikan visi, misi, program dengan jelas dan cerdas. Sampaikan dengan data yang valid, bukan cuma opini.

Kedua, pemilih sudah harus cerdas menyimak dan mengambil keputusan. Manfaatkan sesi debat sebagai moment pemantap pilihan. Semua agar Indonesia diurus oleh orang yang tepat, benar, dan bisa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.