Dark/Light Mode

Rakyat Butuh Modal Usaha

Sabtu, 25 Juli 2020 06:30 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus Corona telah memukul ekonomi global. Bahkan, Singapura dan Korea Selatan sudah resmi menyatakan resesi di kuartal II ini.

Karena itu semua anggota Kabinet Jokowi, Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mesti fokus mengatasi kemungkinan terjadinya krisis dan resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Bantu Dulu Rakyat Kecil

Supaya ekonomi rakyat di level paling bawah tidak mati suri, kita berharap secepatnya ada bantuan modal dari pemerintah, untuk pengusaha kecil dengan bunga super ringan. Misalnya, untuk tahun pertama bunganya nol persen. Tahun kedua, 2 persen per tahun. Tahun ketiga, 3 persen per tahun.

Sedangkan untuk bisnis super mikro dengan modal usaha di bawah 5 juta rupiah, perlu diberikan bantuan dana antara 2 juta hingga 3 juta rupiah agar mereka bisa segera bangkit.

Baca juga : Virus Corona Ngamuk Lagi

Bantuan nyata seperti ini sudah ditunggu-tunggu rakyat kecil, untuk bisa kembali menjalani usahanya.

Akibat pandemi Corona, banyak usaha kecil gulung tikar. Setelah program kerja dan belajar dari rumah diterapkan, para pedagang kecil di sekitar kantor dan sekolah-sekolah tak bisa lagi berusaha.

Baca juga : Resesi Sudah Di Depan Mata

Mereka ini mesti segera dibantu, supaya bisa berdagang kembali. Terutama, di daerah-daerah yang sudah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.