Dark/Light Mode

Berburu Vaksin

Sabtu, 1 Agustus 2020 06:35 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekarang ini lima negara besar, yaitu Inggris, Amerika Serikat, China, Rusia dan Jerman sedang berlomba mencari vaksin Covid-19. Penelitian mereka hingga pekan ini rata-rata sudah sampai tahap uji klinis.

Hasilnya baru bisa diketahui enam bulan lagi, yaitu sekitar pertengahan Februari atau awal Maret 2021 mendatang. Uji klinis dilakukan untuk mengetahui, apakah calon vaksin yang diteliti, efektif atau tidak untuk memutus rantai penularan virus Corona.

Baca juga : Rakyat Butuh Modal Usaha

Kalau efektif, baru kemudian masuk ke tahap perbanyakan. Untuk ini, mungkin dibutuhkan waktu dua tiga bulan.

Indonesia sendiri kini juga sedang melakukan riset calon vaksin Corona. Kita berharap, calon vaksin merah putih itu sudah bisa diuji klinis awal tahun depan.

Baca juga : Bantu Dulu Rakyat Kecil

Kalau vaksin merah putih ditemukan dan efektif untuk mencegah serangan Covid-19, kita bisa lebih mandiri dalam mengatasi Pandemi Corona.

Selain melakukan riset sendiri, Indonesia juga menjalin kerjasama dengan lembaga riset dan industri farmasi negara-negara lain.

Baca juga : Virus Corona Ngamuk Lagi

Kerjasama antara lain, dilakukan pihak Bio Farma dengan perusahaan farmasi China. Calon vaksin asal China sudah sampai di Indonesia dan segera diuji klinis. Uji klinis akan dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.