Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gerakan Politik Emak-emak

Jumat, 1 Maret 2019 06:19 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain generasi milenial, kantung suara yang sekarang jadi primadona sekaligus rebutan dua kontestan Pemilihan Presiden (Pilpres) ialah kaum Ibu-ibu atau sekarang menggaung dengan istilah emak-emak. Kekuatan mereka terletak pada ‘the word of mouth marketing’ mereka.

Yaitu pesan berantai dari mulut ke mulut kaum emak-emak. Sudah merupakan pilar kekuatan kaum emak-emak, dari zaman dulu, adalah lisannya yang suka menggosip, bergunjing, dan tak jarang juga nyinyir.

Baca juga : Politisasi Doa

Rendah sekali persentase mereka yang menjaga mulutnya dalam hening, melindungi dirinya dari godaan asyik bergosip. Forum kultural terciptanya komunitas menggunjing banyak sekali.

Ibu-ibu sangat senang dengan jaringan pertemuan dalam jejaring me­dia online maupun offline. Forum-forum WhatsApp grup yang dihuni kaum perempuan sangat berisik dengan gunjingan dan umpatan. Saat-saat Pilpres ini emak-emak menunjukkan militansi dan pengaruhnya dalam memperjuangkan gagasan dan pilihan politik mereka.

Baca juga : Rebutan Lahan

Di lini masa facebook dan instagram, kaum emak-emak ini sangat aktif mengunggah di dinding akun mereka. Tak jarang ikut comment, like and share di jejaring grup politik.

Gaya bahasanya khas emak-emak yang bertabur emoticon. Pedes. Judes. Istilah beken sekarang: julid. Mereka aktif mendistribusi link-link YouTube hoaks. Judul-judul provokatif menjadi favorit mereka di tengah kesibukan nonton celebrity gossip.

Baca juga : Tata Krama & Debat

Beruntunglah paslon yang sukses merebut hati mereka. Tidak harus capek-capek mengimbau mereka untuk menjadi jurkam, mereka sudah mulai melakukannya sendiri, dengan caranya sendiri, dan dengan gaya khas emak-emak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.