Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Ganggu Pancasila

Senin, 7 September 2020 05:22 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kenapa sih tidak sensitif. Tidak belajar dari masa lalu. Kok bisa-bisanya kita sebagai bangsa terperosok ke lubang yang sama berkali-kali. Kenapa harus ada segelintir elite yang mau mengusik falsafah dasar bangsa: ideologi negara Pancasila.

Sejatinya stay away dari soal dasar yang telah menguras energi para pendiri bangsa. Perdebatan sengit. Tak cuma itu, terjadi pertumpahan darah agar tegak Pancasila. Tak cukupkah sejarah memberi pelajaran?

Baca juga : Memenangi Resesi dan Pandemi

Sebodoh-bodoh bangsa bila mudah lupa pelajaran yang diberikan sejarahnya. Jangan terulang keburukan yang memalukan bangsa. Banyak hal yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tapi please tidak menyentuh topik-topik sensitif.

Urusan yang dihadapi bangsa ini sudah sangat kompleks. Kita sekarang sedang berada di ambang resesi ekonomi. Semuanya harus bersiaga menghadapi kemungkinan terburuk.

Baca juga : Rekening Gendut Jaksa?

Pemerintah bersama parlemen sejatinya membuat simulasi-simulasi untuk rencana kontigensi ke depan. Harus ada plan A plan B bahkan C bagaimana menghadapi situasi yang bisa jadi tidak menentu. Rakyat harus dibuat tenang.

Jangan ada lagi kenyataan yang memilukan sekaligus memalukan. Semua gagap bahkan gagal menyiapkan dan menerapkan skenario penyelamatan rakyat dari ancaman kebangkrutan di segala aspeknya. Lebih bersiaplah dengan perencanaan terbaik dan rencana eksekusi terbaik pula.

Baca juga : Kebebasan Yang Tidak Bebas

Soal Pancasila sudah selesai. Jangan lagi ada yang utak atik lagi. Sekarang yang ril-ril saja. Terjemahkan Pancasila dengan serius mengurusi perbaikan nasib rakyat di tengah pandemi dan ancaman resesi. Kita pasti bisa melewati semua dengan baik.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.